Industri Kapal Pesiar
Kapal pesiar ini berasal dari Belanda sekitar abad ke-14.
Pada pertengahan abad ke-17, kapal pemburu ikan kerajaan Inggris pertama “YACHT”.
Dengan arti penting kapal pesiar nyata lahir. Selama ini perkembangan kapal pesiar modern telah melalui empat tahap yaitu masa tunas, masa pertumbuhan, masa pengembangan kecepatan tinggi, dan masa kematangan yang stabil.
Sejak tahun 1975, kapal pesiar dunia memasuki 15 tahun perkembangan pesat. Karakteristik kapal pesiar modern mulai fokus pada estetika dan gaya, di mana negara perwakilannya adalah Jepang dan Italia.
Jepang terutama memproduksi kapal pesiar memancing, kapal pesiar lebih menghibur, sedangkan Italia lebih fokus pada keindahan dan kepraktisan. Pasar kapal pesiar dunia telah membentuk empat bagian utama, terutama di Amerika Serikat, Eropa Barat, Eropa Utara, dan kawasan Asia-Pasifik. Eropa adalah pasar kapal pesiar terbesar kedua di dunia, menguasai hampir 40% pasar kapal pesiar dunia. Diantaranya, Prancis adalah pasar kapal pesiar terbesar kedua di dunia, peringkat kedua setelah Amerika Serikat.
Perancis mengekspor 60% produksi dalam negerinya ke luar negeri, menunjukkan posisi penting dalam industri ini. Setelah mengalami perkembangan pesat dalam satu dekade terakhir, industri yachting Perancis kini mempertahankan posisinya sebagai pasar yacht terbesar di Eropa. Selain itu, industri kapal pesiar Italia, Inggris juga sangat berkembang, dan industri kapal pesiar Jerman, Norwegia, dan Finlandia juga termasuk yang teratas di dunia. Meskipun jumlah kapal pesiar
di Amerika Serikat, harga satuan rata-rata kapal pesiar jauh lebih rendah dibandingkan di Eropa.
Festival Cannes Yachting adalah acara teratas di Eropa yang tak terbantahkan di atas air dan merupakan platform bagi merek kapal pesiar kelas atas dunia untuk berkumpul. Sebagai perhentian pembukaan Festival Yachting Eropa, Festival Yachting Cannes disukai oleh pembuat kapal pesiar besar dunia karena area pameran di atas air yang unik dan unggul serta suasana budaya berperahu pesiar yang baik. Telah berkomitmen untuk menyediakan pameran yang bagus untuk model dan teknologi baru. Ini membuat rekor baru setiap tahun.
Festival Kapal Pesiar Cannes, yang dimulai pada tahun 1978, diadakan setiap tahun dan telah menjadi salah satu dari tiga pertunjukan perahu terbaik di Eropa. Dari segi bisnis, peserta pameran menyatakan kepuasannya yang besar terhadap informasi berkualitas tinggi dan meningkatnya jumlah klien internasional, termasuk klien Asia dari negara-negara Eropa Timur dan pelanggan baru.
Beberapa pembuat kapal memperkirakan bahwa penjualan mereka akan kembali ke tingkat sebelumnya dan Cannes Boat Show mewakili tren global terkini dalam industri kapal pesiar. Chagner Boat Show 2019 berlangsung dari tanggal 10 hingga 15 September di Port Chagner, Prancis, dengan 219 di antaranya merupakan produk baru.
Menurut statistik Kongres tahun 2019, terdapat 560 peserta pameran dari lebih dari 40 negara di seluruh dunia yang hadir
di lantai pameran. Lebih dari 90% peserta pameran mampu menemukan pembeli baru. Menurut statistik, hampir separuh pengunjung berasal dari industri papan atas.
Keistimewaan lainnya dari Xanadu Boat Show adalah Classic Regatta yang akan diselenggarakan untuk kelima kalinya pada tahun 2019 di kawasan pantai Pelabuhan Tua dan terbuka hanya untuk perahu motor dan day yacht hingga ketinggian 12 meter. Di sini Anda dapat menikmati tontonan perahu antik langka dan perahu baru yang bersaing di laut yang sama. Jika Anda memiliki kesempatan, Anda harus datang ke kapal pesiar Xanadu, membawakan Anda pesta kemewahan sekaligus visual.