Sebuah Keajaiban Arsitektur
Gedung Opera Sydney dimasukkan dalam Daftar Warisan Dunia pada tahun 2007.
UNESCO menggambarkannya sebagai “karya arsitektur hebat abad ke-20.”
Bangunan terkenal dengan atapnya yang menjulang tinggi seperti layar ini sering digunakan untuk menyebut kota Sydney, Australia, bahkan benua Australia, dan setara dengan Piramida Mesir, dan Tembok Besar Cina.
Ini seharusnya menjadi momen yang sangat menyentuh hati Jørn Utzon (1918-2008), arsitek Sydney Opera House yang brilian dan puitis. Aura Sydney Opera House yang sangat istimewa kini tidak diragukan lagi, namun pada tahun 1973, ketika diresmikan oleh Ratu Elizabeth II, bangunan menakjubkan ini menjadi subyek kontroversi besar.
Saat ini, di antara 1,2 juta orang yang membeli tiket pertunjukan Sydney Opera House setiap tahunnya dan 7 juta orang dari seluruh dunia yang melakukan perjalanan ke Cape Bairn di Sydney untuk memberikan penghormatan kepada keajaiban arsitektur ini, hanya sedikit yang membayangkan bahwa arsitek visioner tersebut adalah seorang arsitek visioner. Ditolak oleh pemerintah yang menunjuknya untuk merancang bangunan tersebut.
Kisahnya memang menyedihkan, namun dengan kemegahan Sydney Opera House, patut ditengok ke belakang. Segalanya dimulai dengan bahagia pada tahun 1957 ketika desain Utzon memenangkan hadiah utama dari 233 entri dalam kompetisi desain internasional yang diselenggarakan oleh pemerintah New South Wales untuk memilih desainer gedung opera di lokasi depo trem yang menghadap Pelabuhan Sydney.
Pada akhir abad ke-20, atas undangan Sydney Opera House Trust, Utzon memberikan desain baru yang penuh semangat untuk mahakarya arsitekturnya di tepi pantai pulau asalnya, Majorca, untuk meningkatkan, antara lain, lobi hotel. Gedung Opera Sydney.
Kini, bangunan Utzon yang menakjubkan terlihat lebih baik dari sebelumnya. Kami dengan senang hati melintasi atapnya yang menakjubkan, di mana ubin Swedia berwarna krem yang bergelombang berkilau dan menghiasi cangkang atap beton bertulang, masing-masing dengan bentuk geometris dan kecerdikan yang berbeda.