Mengobati Kucing Sakit
Kucing adalah salah satu binatang yang banyak dipelihara. Banyak yang memelihara kucing karena mudah, lucu, dan menggemaskan.
Bagi pemelihara kucing, tentu saja kesehatan kucing peliharaan adalah hal yang sangat penting. Apabila kamu juga merupakan salah satu orang yang saat ini sedang memelihara atau ingin memelihara kucing, maka segala hal yang berkaitan dengan kesehatan kucing adalah hal yang penting untuk diketahui, seperti misalnya ciri ciri kucing stress, ataupun bagaimana cara menangani saat kucing stres. Salah satu hal yang perlu kamu ketahui adalah bagaimana cara mengobati kucing sakit tanpa ke dokter, yang sangat bermanfaat sebagai salah satu jenis pertolongan pertama pada kucingmu. Salah satu jenis penyakit yang bisa kamu atas antara lain adalah penyakit kulit pada kucing yang cukup berbahaya untuk kesehatan kucingmu.
Berikut ini terdapat beberapa cara untuk mengobati kucing sakit:
1. Jaga mata dan hidung kucing tetap bersih
Kamu perlu membersihkan bagian mata dan hidung si kucing dengan lembut menggunakan kapas. Seka kotoran yang ada dengan kapas yang dicelupkan ke dalam air garam.
2. Memberikan kuning telur mentah
Kuning telur ayam yang masih mentah, mengandung berbagai macam lemak dan juga protein yang sangat baik untuk kucing yang kamu pelihara. Asupan kuning telur mentah ini dapat pula berperan sebagai penambah nafsu makan untuk kucing yang terlihat tidak nafsu makan. Pemberian kuning telur ini sangat cocok bagi kucing yang mengalami beberapa gejala di antaranya adalah sebagai berikut: lemas, badan kucing terlalu kurus, kucing tidak mau makan, kucing lebih banyak tidur, kucing makan terlalu sedikit alias memiliki nafsu makan yang rendah. Apabila kamu ingin memberikan kuning telur mentah pada kucing kesayanganmu, kamu bisa melakukannya dengan cara memberikan kuning telur mentah dari si kucing ini dengan mencampurnya pada makanan tertentu, atau diberikan melalui pipet/suntikan tanpa jarum yang diberi selang kecil sehingga muat untuk masuk ke dalam mulut si kucing. Beberapa kucing mungkin tidak akan terlalu senang pada makanan ini, akan tetapi kamu masih bisa mencobanya dengan berbagai cara lainnya agar kucing mau memakan asupan kuning telur mentah yang kamu berikan tersebut. Kalau kucingmu flu, coba juga berikan kuning telur mentah sebagai salah satu cara mengobati kucing flu.
3. Berikan Air Kelapa Segar
Seperti yang kita ketahui, bahwa air kelapa memiliki berbagai kandungan yang sangat bermanfaat bagi manusia. Namun khasiat tersebut tidak hanya untuk manusia saja, karena ternyata air kelapa segar juga memiliki manfaat untuk hewan peliharaan seperti kucing. Air kelapa muda ini dapat dijadikan sebagai obat alami jika kucing mengalami muntah-muntah, demam atau panas, keracunan, lemas, tidak mau makan, sering menjulurkan lidah, tidur terus, dan masih banyak lagi. Selain bisa digunakan sebagai obat, air kelapa segar juga bisa diberikan pada kucing yang sehat. Karena di dalam buah kelapa muda tersebut terdapat berbagai kandungan ion yang bisa memenuhi kebutuhan cairan, menjaga kekebalan tubuh, dan membunuh berbagai bakteri.
4. Berikan Minyak VCO
VCO (Virgin Coconut Oil) atau minyak kelapa muda ini memiliki berbagai kandungan seperti vitamin E, berbagai jenis asam, dan antibiotik yang bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit pada kucing. Minyak VCO sendiri biasanya digunakan untuk mengobati kucing yang mengalami luka luar, seperti memar, lecet, serangan jamur, dan serangan kutu. Selain itu, minyak VCO juga dapat menangkal berbagai bakteri jahat yang ada di dalam tubuh kucing berkat kandungan antibiotiknya. Jadi tidak ada salahnya jika kalian rutin memberikan minyak VCO pada kucing kesayangan kalian.
5. Beri Obat Cacing
Penyebab tidak mau makan dan lemas salah satunya adalah karena cacingan. Cacing yang berada di dalam tubuh kucing akan mengambil nutrisi yang diperlukan kucing. Jika kucing tak berenergi karena cacingan, maka cara mengatasi kucing tidak mau makan dan lemas adalah dengan memberinya obat cacing.
6. Memberi air minum yang bersih
Air minum yang bersih adalah salah satu hal penting yang harus kamu berikan pada kucingmu, baik dia sedang sakit ataupun tidak. Ketika kucingmu sakit, maka nilai penting memberikan air minum yang bersih semakin besar. Pemberian air minum yang bersih, utamanya sangat cocok diberikan pada pada kucing yang menderita beberapa penyakit seperti lemas karena muntah atau mengalami diare, kucing mengalami dehidrasi dan lain sebagainya. Ketika kucingmu muntah-muntah, selalu ingat bahwa memberikan air yang bersih adalah salah satu cara mengatasi kucing muntah yang bisa kamu terapkan. Pada prinsipnya, air minum yang bersih sangat diperlukan ketika kucingmu kekurangan cairan karena banyak carian yang keluar dari dalam tubuhnya. Jangan lupa untuk selalu mengganti air minum yang kamu siapkan di tempat minum kucing kesayanganmu secara berkala, karena dikhawatirkan ada bakteri atau virus yang terdapat pada tempat minum tersebut. Selain itu, kamu juga tidak boleh melupakan untuk membersihkan tempat minum kucing yang kamu miliki tersebut.
Nah itulah cara mengobati kucing sakit. Semoga bermanfaat!