Kincir Raksasa Tertinggi
Halo Lykkers! Jika kamu tidak suka wahana ekstrem seperti roller coaster atau Tilt-A-Whirl yang bisa membuat mual, tetapi masih ingin merasakan kegembiraan, kincir raksasa mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat.
Namun, pastikan kamu tidak takut ketinggian jika ingin menikmati wahana yang satu ini.
George Washington Gale Ferris Jr. mematenkan kincir raksasa untuk World's Fair tahun 1893 di Chicago. Namun, ide tentang roda vertikal sudah ada sejak abad ke-17 di Bulgaria dengan "roda kesenangan" yang digerakkan oleh manusia. Kincir raksasa pertama mampu menampung 60 orang dengan 36 ember berputar, dan memiliki tinggi 264 kaki (80 meter). Saat ini, teknologi telah berkembang pesat, dan banyak kincir yang lebih besar kini dikenal sebagai "roda pengamatan." Mereka tidak dirancang untuk sensasi cepat, melainkan untuk memberikan pemandangan 360 derajat yang menakjubkan. Berikut adalah empat kincir raksasa tertinggi di dunia saat ini.
1. Ain Dubai, Dubai, Uni Emirat Arab
Kincir raksasa tertinggi di dunia adalah Ain Dubai. Dengan kapasitas 1.750 penumpang dalam satu putaran, beberapa kapsulnya bahkan dapat menyajikan makan malam untuk 40 orang. Satu putaran penuh memakan waktu 38 menit, dan kamu bisa mengadakan pesta ulang tahun atau pernikahan di salah satu kapsulnya! Kincir ini buka dari pukul 11 pagi hingga 9 malam.
2. High Roller, Las Vegas, Nevada
Las Vegas terkenal dengan atraksi-atraksinya yang luar biasa, dan High Roller di Vegas Strip tidak berbeda. Dengan tinggi 550 kaki (168 meter), kincir ini adalah yang tertinggi di dunia saat dibuka pada tahun 2014 dan memegang rekor selama tujuh tahun sebelum Ain Dubai mengambil alih. High Roller memiliki 28 pod kaca berputar, masing-masing dapat menampung 40 penumpang, dengan total kapasitas 1.120 orang. Setiap pod dilengkapi dengan delapan TV layar datar jika kamu bosan melihat pemandangan. Biaya masuknya sekitar $28.
3. Singapore Flyer, Singapura
Singapore Flyer dibuka di pusat kota Singapura pada 15 April 2008. Kincir raksasa ini berdiri setinggi 541 kaki (165 meter) dan terletak di sebelah gedung terminal tiga lantai. Setiap kapsul yang ber-AC dapat menampung 28 penumpang. Kincir ini merupakan roda pengamatan tertinggi di dunia hingga High Roller di Las Vegas melampauinya enam tahun kemudian. Biaya masuknya sekitar $20.
4. London Eye, London, Inggris
London Eye, juga dikenal sebagai Millennium Wheel, dibuka pada tahun 2000 di tepi Sungai Thames di London. Pada saat itu, kincir ini adalah yang terbesar yang pernah dibangun dan dimaksudkan sebagai fitur sementara di langit London. Namun, kincir ini menjadi sangat populer sehingga tidak ada yang ingin membongkarnya. Dengan tinggi 443 kaki (135 meter) dan menyerupai roda sepeda raksasa, kincir ini kini lebih kecil dibandingkan beberapa roda pengamatan baru, tetapi tetap sangat populer. London Eye memiliki 32 kabin tertutup, masing-masing dapat menampung 25 penumpang, dengan nomor 1 sampai 33, melewatkan nomor 13. Biaya masuknya sekitar $24.
Halo Lykkers! Apakah kamu pernah naik salah satu kincir raksasa ini? Mana yang menjadi favoritmu, atau yang ingin kamu coba selanjutnya? Bagikan pengalaman dan pendapatmu tentang sensasi naik kincir tertinggi di dunia!