Fakta Bunga Peony
Memiliki bentuk yang cantik serta aroma yang harum dan manis membuat peony menjadi salah satu bunga terindah dan populer di dunia.
Peony adalah salah satu bunga paling sensual dan sering dianggap sebagai metafora untuk kecantikan wanita. Kecantikan dan kelopaknya yang besar memberikan kesan mewah. Memiliki bentuk kelopak yang cantik dan berukuran besar, bunga ini menjadi sangat populer bagi pecinta bunga maupun orang awam. Bunga yang tergolong keluarga Paeoniaceae ini memiliki banyak warna, diantaranya adalah merah muda, putih, merah, orange, ungu, dan kuning.
Berikut ini fakta menarik bunga peony:
1. Memiliki banyak simbol
Sama dengan bunga mawar, bunga peony juga banyak digunakan dalam berbagai acara, salah satunya pernikahan. Hal ini tak lain karena peony mewakili romansa dan cinta serta dianggap sebagai pertanda baik untuk pernikahan yang bahagia. Peony juga merupakan bunga tradisional yang digunakan untuk merayakan ulang tahun pernikahan ke-12. Di Cina dan Jepang, peony melambangkan kebajikan yang kuat dan positif seperti keberanian, kehormatan, rasa hormat, bangsawan, nasib baik, serta kemakmuran.
2. Memiliki Jumlah Varietas yang Besar
Memiliki lebih dar 6500 varietas yang tersebar luas di berbagai negara membuat tanaman hias bunga ini tak luput dari perhatian masyarakat. Sebagian besar varietasnya paling baik bila diletakkan di bawah sinar matahari penuh, walaupun ada beberapa yang menyukai di tempat teduh.
3. Lambang sifat pemalu
Cerita mitos tentang bunga peony kali ini berkaitan dengan seorang bidadari bernama Paeonia yang kecantikannya menarik perhatian Apollo, dewa yang pandai memanah. Apollo pun menggoda bidadari Paeonia dan membuat wajahnya jadi merah padam karena malu. Aphrodite yang marah kemudian mengubah Paeonia menjadi bunga peony merah.
4. Bunga pengobatan
Memiliki mitos legenda yang menyebutkan bahwa sebelumnya Peony mampu menyembuhkan, faktanya bunga peony memang kerap dipakai untuk pengobatan dalam kehidupan nyata. Di abad pertengahan, akar dan biji Peony dipercaya dapat menyembuhkan lebih dari dua puluh penyakit termasuk epilepsi dan gigitan ular. Sedangkan di Inggris, kalung akar peony dipercaya untuk mencegah kejang dan meringankan sakit gigi.
5. Ada berbagai macam peony
Fakta menarik bunga peony selanjutnya adalah memiliki banyak varietas. Ada lebih dari 6.500 ribu varietas peony. American Peony Society melacak varietas peony setiap tahun. Sebagian besar varietas paling bahagia berada di bawah sinar matahari penuh, tetapi beberapa peony merasa paling baik di tempat teduh. Peony biasanya mekar dari akhir musim semi hingga awal musim panas.
6. Alaska Penghasil Jutaan Potongan Bunga Peony
Belanda adalah produsen peony potong terbesar (lebih dari 40 persen dari perkiraan total produksi di seluruh dunia), tetapi sumber peony yang sedang popular adalah Alaska. Musim tanam yang lebih lama dan lebih dingin di sana memungkinkan peony untuk mekar yang lebih banyak pada akhir musim tanam, menurut Alaska Peony Growers Association. Berarti, bunga peony tersedia selama musim pernikahan dari Juni hingga September.
Nah itulah fakta menarik bunga peony. Semoga bermanfaat!