Mitos Bunga Sedap Malam
Bunga sedap malam atau tuberose flower merupakan salah satu bunga yang banyak dikenal oleh orang Indonesia. Bunga ini juga telah ditetapkan sebagai flora identitas Jawa Timur.
Bunga sedap malam adalah salah satu jenis tanaman hias yang bisa kamu tanam di rumah. Bunga jenis ini banyak digunakan dalam berbagai acara keagamaan dan dekorasi pesta pernikahan. Banyak tanaman hias yang dipercaya erat kaitannya dengan dunia gaib, salah satunya adalah bunga sedap malam. Aroma harum bunga ini sering dipercaya menjadi pertanda datangnya makhluk halus.
Berikut sejumlah mitos bunga sedap malam yang dipercaya banyak orang :
• Membuat Seseorang Panjang Umur
Banyak orang juga tak kalah percaya bahwa dengan menanam bunga sedap malam di pekarangan rumah dapat menerima berkah panjang umur. Orang yang menanam bunga sedap malam juga dipercaya akan dijauhkan dari ancaman penyakit hingga peristiwa kecelakaan yang merenggut nyawa.
• Pembawa Rezeki
Satu lagi mitos baik dari kembang sedap malam adalah dipercaya dapat membawa rezeki. Menurut mitos, jika kamu melihat bunga ini mekar, kamu akan mendapat rezeki tidak terduga.
• Aroma Sedap Malam Sebagai Tanda Datangnya Makhluk Halus
Sudah menjadi hal yang umum kalau makhluk halus akan datang di saat malam hari. Karena aroma semerbak bunga sedap malam datang pada malam hari. Hal ini lah yang membuat orang percaya jika mereka mencium aroma Polinthes tuberosa artinya terdapat makhluk halus didekatnya.
• Bunga Favorite Ratu Pantai Selatan
Ternyata disana wisatawan disarankan untuk membawa bunga sedap malam karena diyakini bahwa Ratu pantai selatan menyukai bunga tersebut. Tangkai dan kelopak bunga sedap malam yang berwarna hijau adalah salah satu alasan mengapa ratu pantai selatan menyukai bunga ini.
Itulah beberapa mitos seputar bunga sedap malam. Semoga bermanfaat!