Lemon Tea Untuk Kesehatan
Lemon tea yang asam manis dan menyegarkan selalu bisa menyegarkan tenggorokan.
Racikan teh dan lemon juga diketahui sebagai kombinasi dua bahan yang amat bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Terlebih jika menggunakan jenis teh hitam dikatakan tak kalah baik dengan racikan teh dan lemon yang menggunakan jenis teh hijau.
Lemon tea termasuk satu di antara jenis minuman berkhasiat, tak sekadar memberikan sensasi segar. Itulah mengapa, rutin mengonsumsinya bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh. Gabungan keduanya bisa meningkatkan daya tahan tubuh serta menjaga badan dalam kondisi prima. Selain itu, lemon tea merupakan minuman rendah kalori yang membantu mengatur dan mengurangi jumlah kalori dalam tubuh.
Berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dengan rutin mengonsumsi lemon tea :
• Menjaga Kekuatan Tubuh
Satu buah lemon menawarkan sekitar setengah dari angka vitamin C harian yang direkomendasikan. Dengan begitu, lemon membantu mendukung sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi bakteri maupun virus penyebab penyakit.
• Melegakan Tenggorokan
Antioksidan yang ada di dalam teh hitam dan kandungan vitamin C yang ada pada air perasan lemon memiliki manfaat antiinflamasi yang begitu kuat. Racikan campuran antara teh hitam dan lemon ini sangat baik untuk mengatasi inflamasi pada tenggorokan yang ditandai dengan rasa sakit pada tenggorokan. Konsumsi racikan teh hitam yang dicampur dengan perasan air lemon dikatakan sangat efektif untuk meredakan inflamasi dan rasa sakit pada tenggorokan. Terutama jika diminum selagi hangat, racikan ini sangat direkomendasikan oleh para ahli untuk dinikmati saat merasa tenggorokan mulai sakit.
• Menyehatkan sistem pencernaan
Lemon tea mengandung antioksidan dan vitamin yang sangat baik buat kesehatan pencernaan. Kandungan itu mampu menghilangkan limbah dan racun di pencernaan, mengusir bakteri serta kuman yang bersarang di saluran pencernaan juga bantu menjaga kesehatan organ ginjal.
• Meningkatkan rasa nyaman dan bahagia
Aroma wangi lemon dan teh menjadikan otak lebih fresh, nyaman, dan bahagia. Konsumsi lemon tea di pagi hari bisa membuat otak merasa senang atau setidaknya lebih bersabar untuk sepanjang hari.
• Memiliki Zat Antikanker
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa lemon kaya akan antioksidan. Antioksidan bekerja dengan cara mencegah kerusakan sel yang bisa menyebabkan beragam penyakit kronis seperti kanker.
• Sebagai Diuretik Alami
Lemon juga mengandung asam sitrat, yaitu diuretik alami yang bisa mengurangi kelebihan dan tumpukan air di dalam tubuh. Tak hanya itu, asam sitrat juga meningkatkan kesehatan saluran kemih dan mencegah batu ginjal. Sebuah studi juga menemukan fakta bahwa asam sitrat bisa meningkatkan penyerapan mineral tubuh seperti kalsium dan fosfor.
• Menjaga Kekuatan Tubuh
Satu buah lemon menawarkan sekitar setengah dari angka vitamin C harian yang direkomendasikan. Dengan begitu, lemon membantu mendukung sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi bakteri maupun virus penyebab penyakit. Namun, untuk merasakan manfaatnya, sebaiknya Moms kombinasikan dengan madu yang juga memiliki efek antiradang. Dengan begitu, kombinasi antara madu dan lemon tea dapat membawa efek baik untuk tubuh.
• Mengobati flu dan batuk
Gejala flu dan batuk bisa diatasi dengan baik jika Anda rutin mengonsumsi lemon tea saat sarapan pagi. Lemon tea yang diseduh dengan air panas dan ditambah sedikit madu, memiliki manfaat yang jauh lebih mengesankan dan membuat tubuh makin bugar.
Itu dia beragam manfaat lemon tea dan bahayanya jika dikonsumsi berlebihan. Semoga bermanfaat!