Kucing Peliharaan Populer
Kucing adalah hewan mamalia karnivora yang dikategorikan sebagai peliharaan rumahan. Banyak yang memelihara kucing karena bisa meredakan stres dan mengembalikan mood. Dari segi jenis, kucing memiliki banyak sekali macamnya. Terkhusus di Indonesia, ada beberapa jenis kucing yang populer dipelihara di rumah. Nah, apa saja itu? Yuk simak sampai akhir.
1. Kucing Kampung
Kucing Kampung atau biasa disebut domestic cat adalah jenis kucing yang banyak sekali ditemukan di jalanan. Dilansir National Geographic, kucing ini memiliki sejarah panjang dengan manusia yang telah ada pertama kali di Egyptians 4000 tahun yang lalu.
Di luar negeri kucing ini disebut juga dengan kucing jenis Moggy atau Moggies. Kucing ini juga dikategorikan sebagai kucing yang memiliki antibodi kuat di antara jenis kucing lainnya karena memiliki genetic pool istilah dari campuran berbagai jenis kucing. Untuk biayanya cat lovers gak harus mengeluarkan uang karena kalian bisa mengambilnya di jalanan.
2. Anggora
Bisa dikatakan Anggora adalah jenis ras kucing yang paling populer di Indonesia. Ada banyak alasan mengapa jenis anggora disukai banyak orang, salah satunya karena bulunya yang super lebat dan panjang sehingga terlihat anggun.
3.Persia
Bentuk kepala kucing persia cenderung bulat, sehingga membuat wajahnya terlihat menggemaskan. Kucing Persia biasanya dibagi lagi jadi beberapa jenis tergantung ciri fisiknya. Misalnya Persia flatnose yang berhidung pesek, Persia peaknose yang memiliki hidung dan mulut menggembung, Persia medium yang wajahnya campuran dari kucing Persia dan kucing lokal, atau Persia Himalaya yang warna bulunya unik karena merupakan persilangan dengan kucing Siam.
4. Siam
Kucing Siam merupakan jenis kucing dengan ras oriental yang populer di Thailand dan paling terkenal dari semua jenis kucing pedigree. Di negara asalnya, Kucing Siam dikenal sebagai “Royal Cat of Siam”. Kucing Siam ditemukan di Ancient Siamese City of Ayhuda, sebuah kota di Buma sekitar tahun 1350-an. Muncul pertama kali di Australia tahun 1890, Kucing Siam kini menjadi salah satu jenis kucing yang paling populer sebagai hewan peliharaan.
Kucing Siam memiliki 3 jenis, yakni Kucing Siam klasik, Kucing Siam Tradisional, dan Kucing Siam Modern. Kucing Jenis ini memiliki karakteristik bentuk tubuh yang ramping, ekor panjang, mata biru, dan bulunya pendek bertitik gelap pada muka, telinga, ekor, dan kakinya.
Jenis Kucing Siam akan menjadi hewan peliharaan yang penuh kasih sayang meskipun mereka mungkin tidak terlalu manja seperti jenis kucing lainnya. Kamu mungkin akan jarang mendapati Kucing Siam ini duduk dipangkuan sang pemiliknya. Kucing Siam akan menjadi hewan peliharaan yang mewah. Harga Kucing Siam biasanya dibanderol mulai Ratusan Ribu sampai Jutaan Rupiah tergantung ukuran dan usia si kucing.
5. Kucing Ragdoll
Kucing Ragdoll merupakan jenis kucing asal Amerika Serikat dengan nama asli Ragdoll yang diambil dari sifatnya yang jinak layaknya sebuah boneka. Kamu mungkin akan sering mendapati Kucing Ragdoll ini bermanja-manja dan bergantungan di tangan sang pemilik layaknya rag doll.
Karakteristik tubuhnya hampir sama dengan jenis Kucing Persia dan Siam dari matanya yang biru sampai wajah dan pipinya yang bulat. Dadanya lebar berotot dengan tulang kaki yang kuat dan tengkoraknya juga besar. Kucing jenis ini memiliki sifat yang tenang, santai, dan sangat penyayang. Kucing Ragdoll menyukai ketenangan namun tetap senang jika berada di sekitar banyak orang.
Pemilik kucing jenis ini harus rajin menyikat bulunya dan menyiapkan tempat tinggal kucing yang banyak untuknya bermain. Kucing Ragdoll adalah jenis kucing yang suka bermain berkeliaran kesana kemari dan berpetualang. Kucing ini biasanya dijual dengan harga mulai 3 Juta sampai 10 Juta.