Manfaat Yougurt
Manfaat yoghurt sudah dikenal baik untuk sistem pencernaan. Namun, bukan hanya itu. Yoghurt juga menyimpan banyak manfaat lainnya, mulai dari menjaga kesehatan tulang hingga memperkuat daya tahan tubuh.
Yoghurt adalah salah satu produk olahan susu yang terkenal akan kandungan probiotik di dalamnya. Probiotik baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Namun, tak hanya probiotik, yoghurt juga memiliki beragam nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Makanan ini juga baik dikonsumsi oleh siapapun, tak terkecuali anak-anak dan ibu hamil.
Kandungan Nutrisi pada Yoghurt
Di dalam 1 cangkir atau sekitar 235 gram yoghurt, terkandung sekitar 150 kalori dan beragam nutrisi berikut ini:
8 gram protein
8 gram lemak
11 gram karbohidrat
11 gram gula
113 miligram sodium
Yoghurt juga mengandung beragam vitamin, termasuk vitamin B2, vitamin B12, vitamin D, dan beberapa mineral, seperti fosfor, kalium, dan magnesium.
Manfaat yogurt bagi kesehatan
Yogurt memiliki jangkauan khasiat yang sangat luas, mulai dari pencernaan, tulang dan gigi, jantung, hingga daya tahan tubuh. Dengan mengonsumsi produk fermentasi ini, tubuh Anda berpeluang mendapatkan kebaikan berikut.
1. Sumber protein bagi tubuh
Protein amat penting dalam pertumbuhan dan perbaikan sel. Kekurangan protein dapat menyebabkan hilangnya massa otot, kesulitan berpikir, serta rapuhnya rambut, kulit, dan kuku. Untungnya, yogurt mengandung sebagian besar protein yang Anda perlukan.
Setiap jenis yogurt mungkin mengandung protein dalam jumlah yang berbeda. Apabila Anda mencari kandungan protein tertinggi, cobalah greek yogurt. Dalam 6 ons greek terkandung 15 – 20 gram protein yang kira-kira setara dengan 30% kebutuhan harian.
2. Menjaga kesehatan tulang dan gigi
Yogurt mengandung sejumlah zat gizi yang memberikan manfaat untuk kesehatan tulang, seperti kalsium, fosfor, dan kalium. Beberapa jenis yogurt juga mengandung vitamin D yang membantu penyerapan kalsium.
Semua zat gizi tersebut diperlukan untuk menjaga kepadatan tulang dan gigi, serta mencegah osteoporosis. Selain itu, makan yogurt tidak akan mengikis lapisan email gigi. Asam laktat di dalamnya justru berfungsi melindungi gusi Anda dari infeksi.
3. Menurunkan Tekanan Darah
Manfaat yogurt yang selanjutnya adalah menurunkan tekanan darah. Penelitian menunjukkan bahwa yoghurt bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi, terlebih bagi wanita. Berdasarkan data dari American Heart Association, wanita yang mengonsumsi yoghurt lebih dari lima kali dalam seminggu, terlebih jika dibarengi dengan diet akan mendapatkan risiko darah tinggi lebih rendah hingga 20 persen. Yoghurt dengan kandungan gula lebih rendah akan memberikan hasil yang lebih baik.
4. Menurunkan Risiko Kanker Paru-Paru
Manfaat yogurt yang pertama adalah menurunkan risiko kanker paru-paru. Dalam sebuah penelitian dari Vanderbilt University Medical Center menemukan bahwa konsumsi yoghurt setiap hari dapat menurunkan risiko kanker paru-pari hingga 20 persen. Bahkan, bila diikuti dengan diet yang tepat, bisa menurunkan risiko hingga 30 persen. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa beberapa kandungan probiotik dan bakteri di dalamnya memiliki zat-zat untuk menangkal penyebab radang dan sel kanker.