Manfaat Jojoba Oil
Jojoba adalah tanaman yang tumbuh di Amerika Utara. Tanaman jojoba yang tumbuh di iklim gurun ini menghasilkan kacang dengan banyak khasiat penyembuhan. Biji tanaman jojoba bisa dibuat menjadi minyak. Jojoba oil cukup lembut untuk digunakan sebagai campuran minyak esensial lainnya.
Saat ini banyak orang menggunakan jojoba oil sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit wajah dan rambut. Banyak bukti yang mendukung penggunaan jojoba oil murni sebagai obat jerawat, kulit kering, dan kondisi kulit dan rambut lainnya.
1. Melindungi Kulit
Jojoba oil mengandung banyak antioksidan, seperti vitamin A dan E, dan asam lemak omega-6, yang menjadi komponen penting dari pelindung kulit. Zat tersebut juga berperan sebagai humektan yang bekerja untuk mempertahankan kelembapan kulit. Lapisan pelindung ini, dikombinasikan dengan efek antiinflamasi dari vitamin E, memberikan kulit pernapasan yang diperlukan untuk fokus pada penyembuhan.
2. Mengatasi jerawat
Manfaat jojoba oil untuk wajah ternyata bisa mengatasi jerawat membandel. Minyak jojoba memiliki sifat antiradang dan antimikroba alami yang dapat membantu untuk mengatasi jerawat ringan. Efek menenangkan yang dimilikinya juga bisa mendorong proses penyembuhan jerawat. Hal ini juga diperkuat oleh sebuah uji klinis yang membuktikan minyak jojoba dapat mencegah munculnya jerawat. Selain itu, sebuah uji klinis juga menunjukkan bahwa minyak jojoba dapat mencegah munculnya jerawat.
3. Mengendalikan produksi minyak berlebih
Tak hanya mengatasi jerawat, manfaat jojoba oil untuk wajah juga mampu mengendalikan produksi minyak alami atau sebum berlebih. Minyak jojoba disebut sangat mirip dengan minyak alami tubuh. Ketika dioleskan pada kulit, minyak jojoba dapat membantu melembapkan kulit. Dengan demikian, folikel rambut dan keringat mendapat sinyal bahwa kulit tak membutuhkan sebum tambahan sehingga produksi minyak alami jadi terkendali dengan baik. Produksi sebum yang terkendali mampu mencegah timbulnya jerawat. Menariknya, jojoba oil adalah jenis minyak yang tidak rentan menyumbat pori-pori sehingga meminimalisir munculnya jerawat sekaligus mencegah jerawat tumbuh semakin parah.
4. Membantu Menguatkan Rambut
Siapa yang tidak ingin rambut tebal dan lebih bervolume? Bersamaan dengan manfaatnya dalam mengisi kelembapan rambut, jojoba oil dapat membantu meringankan rambut rontok berkat sifat antioksidannya.
Salah satu penyebab utama kerontokan rambut adalah stres oksidatif yang dipicu oleh polusi, stres mental, dan diet. Jadi, jika Anda meningkatkan penggunaan antioksidan Anda (baik secara internal maupun topikal), secara teoritis hal itu dapat membantu membalikkan kekuatan rambut agar tidak mudah rontok.
Tidak hanya itu, jojoba oil juga dapat meningkatkan daya tahan setiap helai rambut dari kerusakan dan dengan sedikit kerusakan, rambut menjadi lebih lebat dan bervolume.
5. Anti-Inflamasi
Para pencinta perawatan kulit pasti setuju bahwa kondisi kulit meradang adalah sesuatu yang tidak diinginkan. Peradangan kulit dapat menimbulkan berbagai masalah. Mulai dari memicu timbulnya jerawat hingga memecah kolagen.
Sementara itu, jojoba oil memiliki sifat anti-inflamasi. Jojoba oil dapat membantu mencegah dan menenangkan kondisi kulit seperti eksim dan rosacea. Jojoba oil berfungsi untuk menenangkan area yang kemerahan dan menenangkan kulit yang meradang.
Sifat anti-inflamasi jojoba oil berasal dari kandungan antioksidannya yang tinggi. Antioksidan menyembuhkan peradangan dengan menetralkan radikal bebas dan mengatasi stres oksidatif.