Tips Memilih Ayunan Rotan
Kini perabotan-perabotan berbahan rotan sudah banyak menghiasi rumah-rumah modern.
Rotan merupakan tumbuhan yang bisa kita temukan di Indonesia yang memiliki ruas yang panjang dan duri. Indonesia merupakan salah satu negara penghasil rotan, jadi tidak heran banyak sekali furniture berbahan rotan yang bisa ditemukan. Kursi gantung rotan sintetis memiliki pesona yang sangat menarik khususnya bagi kaum hawa. Bentuknya unik, warnanya yang apik dikombinasikan dengan busa empuk pastinya nyaman jika diduduki sembari bersantai.
Rotan punya kelebihan tersendiri sebagai material furniture. Bahan tersebut fleksibel sehingga bisa didesain menjadi berbagai bentuk dan dapat menjadi konstruksi yang kokoh. 80% material rotan di dunia pun berasal dari Indonesia. Perabotan berbahan rotan tak banyak menghiasi rumah-rumah modern di Indonesia. Rotan dianggap terlihat kuno dan kurang tahan lama. Padahal, material yang banyak ditemukan di Sulawesi, Sumatera, dan Kalimantan itu bisa dijadikan produk berkualitas.
Berikut ini tips memilih ayunan rotan:
1.Belilah di Pengrajin
Jika ingin mendapatkan ayunan rotan dengan harga yang terjangkau, maka, belilah di pengrajin. Harga ayunan rotan yang dibeli pada pengrajin relatif lebih murah. Mempunyai ketelitian dalam pengerjaannya. Sehingga, kualitas ayunan yang dibuat tentu bukan asal-asalan.
2. Belilah produk ayunan gantung rotan di perajinnya langsung
salah satu perajin rotan terpercaya berada di kota ukir dan mebel di Jepara. Adapun keuntungan jika anda membeli produk ayunan gantung di perajin langsung adalah yang pertama harganya murah, benar murah karena tidak melalui perantara jadi harga yang anda dapatkan adalah harga pertama, bukan harga ke tiga. Kemudian perajin memiliki ketelitian yang sangat tinggi dalam pengerjaan ayunan rotan itu sendiri, bukan seperti pabrik besar yang umumnya hanya mengejar target buka kualitas. Selain itu kelebihannya yang sangat penting anda dapat memilih warna rotan dan warna busa sesuai dengan keinginan anda, bukan seperti saat anda membelinya di pusat perbelanjaan mebel yang hanya tersedia satu atau dua macam warna.
3. Pilih Material Pendukung yang Ringan
Dalam kursi rotan memiliki sambungan dan penyangga yang berasal dari material lain. Agar ayunanmu terap ringan, cobalah pilih sambungan dari material lain. Seperti, besi, stainless steel, atau kayu berukuran langsing.
4. Hindari Membelinya di Mal
Jika kamu membelinya di pusat perbelanjaan yang sudah terkenal harga ayunan yang dibanderol pun terlampau tinggi. Selain itu, tidak semua produk rotan di mal menawarkan kualitan yang tinggi. Jadi sebaiknya pilih-pilih ya, sebelum membeli. Tapi, jika kamu memiliki dana lebih untuk membeli kursi rotan di mal, tidak ada salahnya juga.
5. Pilih furnitur yang sesuai dengan kebutuhanmu
misalnya untuk diletakkan di luar rumah ataupun di dalam rumah.
Nah itulah beberapa tips memilih ayunan rotan. Semoga bermanfaat!