Ukuran Tempat Tidur
Keberadaan tempat tidur atau kasur pasti sangat penting di sebuah kamar tidur.
Tempat tidur merupakan perabot penting yang berguna sebagai alas untuk seseorang tidur dan beristirahat. Meski tampak tidak asing, masih banyak orang yang belum tahu betul mengenai berbagai tipe ukuran tempat tidur. Oleh karena itu, penting bagimu untuk mengetahui beragam tipe ukuran tempat tidur agar kamu bisa menyesuaikan ukuran tempat tidur yang dibutuhkan.
Berikut beberapa tipe tempat tidur berdasarkan ukuran:
1. Double
Apabila Anda merasa tempat tidur dengan ukuran single masih terlalu sempit, maka Anda dapat memilih tempat tidur dengan tipe double. Tempat tidur dengan tipe ini memiliki ukuran 120 cm x 200 cm. Masih sama dengan tipe single, tempat tidur ini juga diperuntukkan hanya untuk satu orang. Karena memiliki ukuran yang lebih besar daripada tipe single, tempat tidur dengan tipe double dapat membuat aktivitas tidur menjadi lebih nyaman. Di dunia perhotelan, tempat tidur dengan ukuran ini biasa dikenal dengan istilah twin bed. Selain itu, tempat tidur tipe double juga cocok untuk digunakan sebagai tempat tidur anak atau tamu.
2. Single
Tempat tidur tipe single merupakan ukuran paling kecil dan setiap negara memiliki standar ukurannya masing-masing. Tempat tidur single di Indonesia memiliki ukuran 90 cm x 200 cm. Ukuran ini sama dengan ukuran single di negara Eropa Utara, seperti Swedia, Denmark, dan Norwegia. Sama seperti dengan namanya, tempat tidur single digunakan hanya untuk satu orang saja. Tipe ini cocok digunakan untuk Anda yang tinggal sendiri dan hanya memiliki kamar dengan luas yang terbatas, seperti di apartemen. Selain itu, tipe kasur ini juga cocok digunakan untuk kamar tidur anak. Model kasur ini memiliki kelebihan yaitu dapat digunakan pada berbagai jenis rangka tempat tidur, seperti tempat tidur tingkat, tumpuk, atau dipan. Namun apabila Anda memiliki bobot tubuh yang berlebih atau memiliki kebiasaan tidur yang terlalu aktif, maka tempat tidur minimalis ini kurang cocok untuk digunakan.
3. Queen
Berbeda dengan jenis tempat tidur single dan double, tempat tidur queen dapat digunakan untuk dua orang dewasa. Ukuran tempat tidur ini juga biasanya digunakan pada kamar hotel tipe double. Dengan ukuran 160 cm x 200 cm, tempat tidur queen sangat cocok digunakan oleh pasangan yang memiliki luas kamar terbatas. Ukuran tempat tidur queen memang tidak terlalu besar, tetapi pas digunakan untuk dua orang dan dapat menghemat ruang kamar.
4. King
Dengan ukuran 180 cm x 200 cm, tempat tidur dengan tipe king biasanya ditempatkan di kamar tidur utama sebuah hunian. Di dunia perhotelan, tempat tidur dengan tipe king biasanya dimanfaatkan untuk kamar dengan tipe yang eksklusif. Ukuran yang dimiliki tempat tidur tipe ini sering menjadi pilihan bagi mereka yang sudah berkeluarga karena juga cukup luas apabila Anda dan pasangan ingin tidur bersama si kecil. Untuk menyeimbangkan ukuran tempat tidur ini, Anda perlu menyiapkan ukuran kamar tidur yang juga cukup besar agar dapat tercipta harmoni.
5. Super King
Tempat tidur super king merupakan ukuran yang paling besar berdasarkan standar ukuran di Indonesia. Tempat tidur ini memiliki luas 200 cm x 200 cm. Ukurannya yang besar memungkinkan untuk ditempati hingga tiga orang dewasa. Dengan menggunakan kasur ini, Anda pun bisa lebih leluasa untuk tidur bersama dengan pasangan atau anak. Tempat tidur super king kerap digunakan di kamar utama yang cukup luas atau di vila dan hotel dengan tipe kamar family suite atau presidential suite.
Nah itulah beberapa tipe tempat tidur berdasarkan ukuran. Semoga bermanfaat!