Tips-Tips Pindahan Rumah
Pindah rumah bisa jadi merupakan hal menyenangkan. Dengan suasana baru, itulah waktu tepat me-refresh hidup. Tidak sabar pula rasanya berkenalan dengan lingkungan sekitar yang baru!
Di balik keseruannya, terkadang ada hal penting dipersiapkan agar pindah rumah berjalan lancar. Nah, lalu apa sajakah tips pindah rumah anti ribet atau bikin stres? Ini dia tips pindah rumah yang bisa Anda coba!
1.Susun daftar barang terlebih dahulu
Hindari memberantakkan barang-barang selama proses pindah rumah. Ini akan menghemat banyak tenaga dan waktu. Mulai proses ini dengan membuat daftar barang yang akan kamu bawa ke rumah baru.
Tentukan barang apa saja yang menggunakan kardus terpisah dan yang dapat disatukan di kardus yang sama. Misalnya kardus buku-buku, hiasan dinding, peralatan dapur, barang pecah belah, dan lainnya.
Print kertas bertuliskan nama barang untuk ditempel pada setiap kardus. Jadi, kamu mudah untuk mencari barang tersebut untuk ditata di rumah baru.
2.Pisahkan barang yang penting dan sering digunakan
Kamu mungkin akan membutuhkan beberapa hari untuk mengemas barang-barang. Hindari kerepotan dalam mencari berbagai barang penting selama atau setelah berkemas, seperti dompet, gadget, kunci, atau lainnya.
Pisahkan barang-barang penting ini di dalam satu tas atau box yang mudah kamu buka kapan saja. Pastikan barang penting tersebut kamu bawa atau pegang sendiri agar lebih aman.
3.Manfaatkan perabotan besar sebagai wadah
Untuk menyimpan dan mengemas berbagai barang, kamu bisa memanfaatkan perabotan berukuran besar sebagai wadahnya. Gunakan lemari untuk menyimpan pakaian yang harus digantung, bantal atau selimut.
Selain itu, kamu dapat menggunakan box atau kontainer plastik untuk menyimpan barang-barang kecil, seperti pernak pernik maupun kebutuhan dapur, misalnya tempat garam, gula, dan sembako.
Namun pastikan masing-masing box tersebut masih bisa diangkat. Jangan lupa untuk menyesuaikan ukuran mobil digunakan nanti dengan berbagai perabotan yang berukuran besar ini.
4.Hargai barang-barang
Pastikan menyimpan barang-barang yang Anda sukai dengan aman dan terpisah dari kotak lain agar tidak rusak atau hilang, apalagi barang-barang itu masih berguna dan akan digunakan di rumah baru. Bisa pula mempertimbangkan membuat kotak kenang-kenangan untuk setiap anggota keluarga. Hal ini akan membuat mereka menyimpan semua barang yang kamu sukai dan kamu bisa melihatnya kembali di satu tempat.
5.Beri Label pada Boks
Untuk memudahkanmu dalam mencari barang, sebaiknya beri label pada boks. Kamu bisa mengkategorikannya berdasarkan ruangan atau kegunaannya, misalnya barang-barang untuk ruang tamu atau keperluan dapur.
Agar memisahkan barangnya lebih cepat kamu bisa menggunakan label berwarna. Misalnya warna biru untuk barang-barang dapur, warna merah untuk barang-barang elektronik, dan seterusnya. Dengan melakukan ini, kamu bisa menata barang-barang di tempat tinggal baru dengan lebih cepat dan efisien.
6.Gunakan Jasa Pengangkut
Mengurus pindahan sendiri bisa sangat merepotkan. Agar lebih mudah, gunakan jasa pindahan yang bisa membantumu mengangkut semua barang-barangmu dengan aman ke tempat tinggal baru. Dengan menggunakan jasa pengangkut, pindahan jadi terasa lebih ringan dan kamu juga tidak kelelahan karena harus melakukan semuanya sendirian.
Itulah beberapa tips untuk kalian yang ingin pindah rumah agar tetap tertata rapih dan tidak membuat stress.