Jenis Gitar Akustik
Gitar merupakan alat musik berdawai yang dimainkan dengan cara dipetik, baik dengan jari atau plektrum (pick gitar). Gitar terdiri dari bagian bodi pokok dengan bagian leher yang padat sebagai tempat senar yang umumnya berjumlah 6.
Gitar akustik merupakan jenis alat musik gitar yang menghasilkan bunyi dari getaran senar gitar yang dialirkan melalui sadel dan jembatan (bridge) tempat pengikat senar ke dalam ruang suara. Suara yang telah dialirkan ke dalam ruang suara ini akan beresonansi terhadap kayu badan gitar.
Seluruh bagian gitar akustik umumnya terbuat dari kayu dengan senar berbahan baja atau nilon. Jenis dan kualitas kayu serta jenis senar yang digunakan tentu akan mempengaruhi suara yang dihasilkan.
Berikut ini adalah jenis-jenis gitar akustik yang berdasarkan bentuk, karakteristik, dan mekanisme suara yang dihasilkan.
1. Gitar Senar Baja (steel-string)
Gitar senar baja merupakan gitar akustik yang paling umum digunakan, gitar untuk pemula, dan bisa dikatakan sebagai instrumen dasar untuk para pencipta lagu. Instrumen yang serba guna, kaya akan nada dan resonansi, serta menjadi instrumen wajib untuk para musisi.
Seperti namanya, gitar senar baja memiliki senar yang terbuat dari bahan baja dan memiliki 14 sampai 16 fret. Secara umum memang lebih keras dan seringkali dapat membuat sakit pada jari ketika memainkannya, namun senar baja dapat menghasilkan suara yang lebih melengking dan bright sehingga lebih fleksibel untuk memainkan berbagai genre musik.
2. Gitar Concert dan Grand Concert
Gitar akustik jenis Concert ini telah ada sejak tahun 1854. Umumnya berukuran sekitar 13½" dan menghasilkan suara dengan jarak oktaf yang sedang. Ukuran yang lebih kecil membuatnya nyaman untuk dimainkan oleh musisi yang memiliki badan lebih kecil.
Sedangkan badan gitar Grand Concert sedikit lebih besar, umumnya sekitar 14 sampai 14¼". Masih dengan jarak oktaf yang sedang, tapi dengan suara yang lebih kuat.
3. Gitar Tipe Standar
Berbeda dengan tipe steel string, gitar akustik tipe standar memiliki bodi yang satu setengah kali lebih tebal dan juga lebih besar. Bagi gitaris pemula, mungkin akan sedikit kesulitan memainkannya karena memiliki ukuran yang besar. Namun gitar tipe standar memiliki volume suara yang lebih tinggi. Selain itu dinamika suara yang dihasilkan juga lebih terasa, dibandingkan jenis steel series. Standard acoustic guitar sangat cocok digunakan jika kamu senang memainkan jenis musik rock. Selain itu jenis jazz dan blues juga cocok untuk dimainkan menggunakan jenis gitar ini.
4. Gitar Akustik Elektrik
Sebenarnya, jika kamu sudah memiliki gitar akustik tipe steel string atau standar, kemudian menginginkan gitar akustik elektrik, kamu tidak perlu membeli gitar baru. Sebab, raw guitar (gitar kopong) yang kamu miliki bisa dijadikan gitar akustik elektrik dengan memasang pickup. Akan tetapi, selain meningkatkan suara gitar akustik itu sendiri, penambahan pickup pada raw guitar juga meningkatkan gangguan suara seperti bising dan feedback. Semakin volume suara dinaikkan, gangguan suara semakin terdengar.
Sedangkan, gitar akustik elektrik sudah didesain dengan canggih sehingga dapat menghilangkan gangguan suara walaupun volume diperbesar. Bentuk gitar ini mirip dengan gitar elektrik karena leher gitarnya yang ramping. Bagi para pemula yang ingin cepat fasih bermain gitar, jenis gitar akustik elektrik sangat disarankan untuk kamu karena mudah digunakan.
5. Gitar Dreadnought
Dreadnought dapat menjadi pilihan Anda yang ingin memainkan banyak genre musik seperti country, bluegrass, hingga musik rock. Hal ini dikarenakan gitar akustik dreadnought mampu menghasilkan suara seimbang dengan kualitas low-end kuat, mid-range tajam, dan treble (nada dengan frekuensi tinggi) lebih jernih. Selain itu, gitar akustik ini juga merupakan yang paling populer digunakan hingga saat ini.
Seperti diterangkan sebelumnya, gitar ini cocok untuk pemain yang ingin mendapatkan musik dengan low-end kuat karena memiliki langit-langit volume sangat tinggi. Umumnya, gitar akustik dreadnought memiliki ukuran panjang 20 inci dan lebar 16 inci dengan panjang skala 25,4 inci. Cukup standar untuk digunakan oleh siapa saja, tak terkecuali bagi pemula.