Cara Merawat Rambut
Rambut yang sehat, kuat, dan berkilau merupakan hal yang diimpikan oleh banyak orang. Akan tetapi, akibat lingkungan, gaya hidup, dan perawatan yang kurang tepat, menimbulkan masalah pada rambut.
Seperti ketombe, rambut yang kering dan bercabang, hingga kerontokan. Kerusakan yang terjadi di rambut mungkin awalnya tidak akan menimbulkan dampak yang besar, tapi lama-kelamaan akan menganggu.
Rambut yang berketombe, akan membuat kulit kepala terasa sangat gatal sehingga ingin menggaruknya terus-menerus. Tentunya jika dilakukan terlalu sering, menggaruk kepala akan cukup memalukan.
Meski ketombe merupakan masalah rambut yang paling umum terjadi, tapi juga menjadi yang susah untuk ditangani, dikutip dari Mayo Clinic. Perawatan rambut yang tepat sangat dibutuhkan untuk mencegah masalah-masalah tersebut dan membuatnya sehat serta berkilau.
Dilansir dari American Academy of Dermatology (ADA), berikut ini tips perawatan rambut yang tepat agar rambut sehat, berkilau, dan kuat.
1. Atur waktu keramas
Perawatan rambut berminyak agak berbeda dengan jenis rambut yang lain. Jika memiliki rambut berminyak, maka harus lebih sering keramas.
Mungkin bisa dilakukan satu hari sekali, kalau minyak di kulit kepala terlalu banyak dan membuat lepek.
Kulit kepala akan memproduksi lebih sedikit minyak saat usia sudah semakin tua, sehingga tidak perlu keramas terlalu sering.
Tetapi jika ada serpihan kulit kepala, itu artinya harus lebih sering keramas. Kalau dibiarkan, bisa menyebabkan ketombe dan penyakit kulit kepala.
2. Gunakan sampo dan kondisioner
Keramas atau mencuci rambut tanpa sampo tentu tidak akan maksimal dalam merawat rambut, bukan? Memilih sampo dan kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut ternyata cukup penting sebagai cara menjaga kesehatan rambut. Bagaimana bisa?
Sampo berfungsi untuk membersihkan kulit kepala dari kotoran, minyak, dan produk perawatan rambut yang diaplikasikan sebelumnya, seperti losion.
Meski begitu, kamu sebaiknya memilih sampo sesuai dengan jenis rambut. Pasalnya, ada beberapa jenis rambut yang justru tidak cocok dengan sampo tertentu dan membuatnya lebih kusut, kering, dan kotor.
3. Merawat kulit kepala
Perawatan dapat dilakukan dengan memijat kulit kepala saat keramas secara perlahan guna meningkatkan sirkulasi darah dan merangsang folikel rambut untuk memproduksi rambut yang lebih tebal dan berkilau
Menurut ahli perawatan rambut, folikel rambut dipengaruhi oleh kesehatan dan pasokan darah dari jaringan kulit di sekitarnya. Jadi, bisa dibilang kulit kepala yang sehat adalah kunci dari rambut sehat.
Beberapa ahli juga menyarankan untuk memilih produk perawatan rambut yang mampu menjaga produksi minyak alami pada kulit kepala dan sebisa mungkin hindari produk dengan kandungan sulfat, alkohol, maupun pewangi.
4. Rutin menggunakan masker rambut
Rutin menggunakan masker rambut dapat memperkaya nutrisi dan menjaga kelembapan kulit kepala.
Kamu dapat membuat masker sendiri di rumah untuk perawatan rambut alami menggunakan bahan-bahan, seperti lidah buaya, madu, hingga pisang.
Rambut berminyak dan rambut kering memiliki jenis masker yang berbeda. Maka dari itu, pahami kandungan apa yang baik untuk kedua jenis rambut ini, sebelum membuat masker rambut.
5. Rutin memotong ujung rambut
Ujung rambut merupakan bagian paling rentan bercabang dan mengalami keerusakan. Untuk menghindarinya, disarankan untuk memotong ujung rambut secara rutin setiap 10 hingga 12 minggu.
6. Sisir rambut dengan benar
Cara menyisir rambut juga perlu diperhatikan agar kesehatan rambut tetap terjaga. Hindari untuk menyisir rambut langsung setelah keramas atau ketika rambut masih basah. Sedangkan untuk menyisir rambut yang kusut, gunakan sisir bergigi jarang untuk menguraikannya.