Jenis-Jenis Keramik
Memilih jenis keramik lantai yang tepat saat membangun rumah sangatlah penting agar sesuai dengan desain dan budget yang kamu miliki.
Keramik adalah salah satu material bangunan yang dapat menjadi alternatif untuk menghias interior rumah. Dengan corak yang beragam, tidak sedikit orang yang menggunakan keramik sebagai aksen pelengkap dekorasi ruang. Keramik banyak dipilih karena cantik, kedap air dan tahan lama. Di masa kini, keramik juga digunakan sebagai dekorasi karena motif cantik yang dimilikinya. Tapi jangan buru-buru memilih, pertimbangkan dulu tujuan peletakannya. Keramik lantai harus kokoh karena menahan beban, sedangkan keramik dinding dirancang untuk hiasan. Nah, bagi Anda yang sedang berencana ingin membeli keramik, yuk kenali berbagai jenis keramik yang ada di pasaran.
1. Keramik Marmer
Jika kamu ingin menciptakan hunian yang terkesan mewah dan megah, maka jenis keramik lantai marmer sangatlah pas untuk digunakan. Keramik lantai yang terbuat dari batu marmer ini sangat cocok digunakan di berbagai ruangan, termasuk ruang keluarga, serta memiliki corak unik karena serat pada setiap petak tidaklah sama.
2. Keramik Mozaik
Corak yang ditawarkan pada keramik Mozaik juga tidak kalah indah karena dibuat dari potongan keramik kemudian dirangkai dengan pola tertentu. Anda akan menemukan banyak corak, bahan, ukuran serta warna. Keramik mozaik bisa digunakan untuk ubin ataupun dinding, terutama di dapur dan kamar mandi.
3. Homogenous Tile
Keramik homogeni terkenal kuat dan penyerapan air yang sangat rendah. Ketahanan mencapai 450 kilo newton sehingga kokoh sebagai pijakan. Water absorption hanya 0,05% menjadikannya tahan terhadap peristiwa popping atau ubin terangkat karena dorongan air bawah tanah. Oleh karena itu, homogenous tile pas untuk jenis keramik lantai kamar mandi.
4. Keramik Pavers
Keramik pavers juga termasuk yang banyak digunakan pada area luar bangunan, sehingga lebih tahan banting dan lebih tebal sehingga mudah untuk membedakannya. Dibuat dari tanah liat yang juga dikenal dengan ubin genting. Salah satu keunggulan lainnya, keramik ini juga akan mudah untuk dibersihkan.
5. Keramik Kuadrat
Cocok digunakan di area luar ruangan, jenis keramik lantai satu ini diproduksi dengan campuran tanah liat yang dipanaskan pada suhu tinggi sehingga menghasilkan keramik yang tahan lama. Dengan tampilan akhir doff berwarna kecokelatan atau kemerahan, jenis keramik lantai satu ini bisa kamu beli dengan banderol mulai Rp350 ribuan per meter persegi.
6. Keramik Granit
Untuk keramik tipe mewah namun dengan harga yang lebih terjangkau, kamu dapat memiliki tipe granit. Keramik granit mirip dengan keramik marmer karena bahan pembuatannya yang sama, yaitu menggunakan batu alam. Selain itu pula antar petak nya tidak memiliki kesamaan motif. Mirip sekali dengan ciri khas keramik marmer.
7. Keramik Travertine
Tak jauh berbeda dengan keramik limestone, keramik travertine juga merupakan keramik dari batu alam. Memberikan kesan indah sekaligus unik dan biasanya akan dikombinasikan dengan jenis lainnya. Perlu Anda tahu jika jenis keramik ini termasuk yang cukup sulit dibersihkan jika terkena noda dan butuh perawatan khusus.
8. Keramik Refractory
Bahan yang digunakan untuk membuat keramik refractory berasal dari silika dan alumina yang membuatnya tahan api. Proses pembakarannya yang tinggi juga membuatnya tahan lama. Umumnya digunakan untuk pembuatan tungku, tempat pembakaran ataupun pelapis lantai.
9. Keramik Motif Kayu
Kayu merupakan bahan yang hangat dan natural. Sayangnya, pemakaian bahan kayu asli memerlukan perawatan ekstra. Apalagi kayu merupakan bahan yang kurang tahan terhadap perubahan cuaca dan mudah lapuk. Sebagai solusinya, keramik motif kayu dapat menjadi bahan alternatif menekankan kesan alami hunian Anda. Selain dipasang sebagai lantai, jenis keramik untuk meja dapur ini sangat cocok menjadi pemanis ruangan modern.
10. Keramik Granit
Batu granit bisa dibilang sebagai versi terjangkau dari bahan marmer. Banyak pemilik properti yang memanfaatkan bahan jenis keramik dinding ini untuk dekorasi eksterior, namun dengan pengaturan yang tepat, bagian dalam hunian juga bisa menjadi surga granit. Bahan ini kuat, mudah dibersihkan dan memberikan kesan natural. Selain dipasang sebagai hiasan dinding, granit pas sebagai jenis keramik untuk meja dapur.
Nah itulah beberapa jenis keramik yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat!