Tips Memilih Bantal Sofa
Bantal sofa juga dikenal dengan bantal dekoratif atau bantal kecil, dapat menambah kenyamanan tersendiri pada ruang tamu.
Bantal sofa atau yang dikenal dengan cushion hadir dengan berbagai model, warna, dan motif yang cantik. Bantal kursi (cushion) memang dibuat demi kenyamanan duduk. Kehadirannya membuat sebuah ruang terasa lebih hangat dan lebih nyaman. Jaman dulu, awalnya sebentuk bantal empuk ini digunakan sebagai alas untuk berlutut. Inilah beberapa tips yang harus kamu perhatikan sebelum memilih bantal sofa:
1. Desain Bantal Sofa
Pilih desain dan motif bantal sofa yang menarik. Kamu bisa padukan motif bantal sofa garis-garis dengan motifkotak-kotak. Namun, bila kamu tidak suka dengan bantal bermotif, kamu bisa memakai bantal polos yang punya warna cerah. Cara lainnya adalah dengan menyandingkan ukuran bantal sofa besar dengan bantal sofa yang lebih kecil. Hal tersebut juga akan membuat ruangan kamu tidak terlalu monoton.
2. Sesuaikan dengan model furnitur yang ada
Beberapa bentuk perabot cocok didampingi bantal-bantal gemuk, seperti sofa besar. Tetapi ada jenis kursi yang lebih cocok ditemani bantal panjang yang bentuknya menyerupai guling, misalnya, sofa ramping tanpa sandaran. Lain lagi dengan bantal bertasel keemasan. Model seperti ini akan lebih pas dipadukan dengan kursi berlanggam klasik yang penuh detail ukiran.
3. Pilih kain bermotif jika berani
Kain bermotif memang dapat menjadi suatu tantangan sendiri. Terkadang, mereka cukup sulit untuk dipadupadankan. Namun jika bisa diakali, ruang tamu akan terlihat lebih menarik. Selain itu, ada aturan dalam memadupadankan motif untuk bantal dekoratif. Jika memiliki tiga bantal sofa, pilih satu bantal untuk dihias oleh sarung bermotif. Sementara itu, dua bantal lainnya menggunakan sarung bermotif yang sama, namun beda dengan motif pada bantal pertama. Contoh lainnya adalah kamu dapat gunakan sarung bermotif geometris pada tiga bantal sofa, dan motif bunga pada dua bantal lainnya.
4. Memilih Bahan yang Nyaman
Jika ruangan kamu mengusung tampilan kasual, pilihlah bantal berbahan linen. Menurut Sarah Muir, desainer interior asal Australia, bahan linen cocok dengan ruangan bergaya klasik atau kontemporer karena akan membuat ruangan terasa lebih santai. Untuk kamu ingin membuat ruangan terlihat mewah atau glamor, kamu bisa memilih bantal berbahan beludru, bordir, atau bulu binantang. Selain itu, faktor lain yang harus diperhatikan adalah kenyamanan.
5. Pilih Ukuran Bantal Sofa yang Proporsional
Ukuran bantal sofa yang tidak proporsional bisa menyebabkan ruangan tampak aneh. Jika bantal sofa terlalu besar, akan menghabiskan banyak tempat di sofa, sehingga sofa jadi lebih sempit. Sementara itu, kalau bantal sofa terlalu kecil, maka sofa akan terlihat lebih luas dan polos. Nah, ukuran standar bantal sofa yang bisa kamu gunakan untuk sofa besar adalah 60×60 cm. Sedangkan untuk sofa berukuran kecil, kamu bisa menggunakan bantal sofa berukuran 40×40 cm.
6. Perhatikan tekstur tempat duduk
Supaya ruang tamu lebih menarik, bedakan tekstur bantal dengan sofa. Jika upholstery sofa terbuat dari kain matte, pilih bantal bertekstur rajutan, atau bantal yang memiliki jumbai atau dekorasi lainnya.
Nah itulah beberapa tips memilih bantal sofa. Semoga bermanfaat!