Jenis Kursi Tamu
Selain kamar tidur dan kamar mandi, bagian dari rumah yang harus didesain atau ditata dengan baik adalah ruang tamu.
Kursi atau sofa menjadi elemen penting dalam mengisi ruang tamu. Sofa dan meja biasanya dianggap sudah ‘cukup’ untuk mengubah ruangan biasa menjadi ruang tamu. Namun, ada satu elemen perabotan lagi yang tak kalah penting untuk menambah eksistensi ruang tamu menjadi lebih kuat, yaitu kursi tamu sofa. Kursi tamu sofa adalah kursi tunggal dengan sandaran punggung yang memiliki penyangga lengan.
Dengan berbagai macam kursi tamu yang ada tentunya bisa Anda sesuaikan dengan kondisi ruang tamu sehingga menambah konsep yang diusung oleh rumah Anda. Namun, apakah Anda tahu banyak sekali model kursi tamu yang mesti Anda ketahui. Ada kursi tamu model baru dan ada juga yang masih bertahan pada model lama. Semuanya punya keunikan masing-masing. Berikut ini jenis kursi tamu:
1. Side Chair
Side chair adalah kursi tunggal yang dirancang hanya memiliki sandaran punggung tanpa sandaran tangan. Bentuknya sederhana dan kasual, sehingga cocok ditempatkan untuk berbagai ruangan, termasuk ruang tamu. Side chair cukup fleksibel karena memiliki bobot yang tidak begitu berat dan mudah untuk diangkat dan dipindahkan
2. Kursi tamu sofa minimalis modern
Kecantikan dari kursi tamu sofa minimalis modern yang didesain langsung oleh seniman profesional memang tak bisa bohong. Kursi tamu sofa dengan desain yang nyentrik ini pastinya akan membuat setiap tamu yang berkunjung jadi salah fokus karena desainnya yang unik dan cantik. Selain sebagai tempat duduk, kursi tamu sofa minimalis modern ini cocok untuk diletakkan di ruang tamu maupun teras rumah sebagai aksen ruangan.
3. Kursi Tamu Chesterfield
Mungkin Anda kurang familier dengan namanya, namun kursi tamu jenis ini sudah banyak digunakan di kota-kota besar. Kursi tamu dengan jenis ini memiliki lubang-lubang di bagian sandaran. Lubang yang menjorok ke dalam itu berisi kancing yang memiliki warna senada dengan pelapis kursi. Kumpulan dari kancing itu akan membentuk pola segi empat yang unik dan agak menggelembung. Satu ciri lagi dari kursi tamu model ini adalah lengan kursi dan sandaran memiliki tinggi yang sama.
4. Kursi Tamu Cabriole
Kursi tamu jenis cabriole memiliki keunikan pada bagian kakinya. Jika dilihat dengan saksama, kaki dari kursi ini sedikit melengkung di bawah. Penamaan dari cabriole sendiri didasarkan pada gerakan balet. Kursi tamu jenis cabriole merupakan kursi jenis klasik yang banyak digunakan pada abad ke-18 di kawasan Prancis. Saat ini kursi jenis ini banyak diproduksi dan diminati oleh banyak orang karena memiliki keunikan pada bagian kaki dan juga bagian sandaran yang cukup nyaman.
5. Kursi tamu sofa mewah berbahan kulit
Segala sesuatu yang dibalut dengan bahan kulit memang terasa lebih mewah dan mahal, termasuk pada kursi tamu sofa modern. Selain menjadi terlihat mewah, keuntungan menggunakan bahan kulit pada kursi tamu sofa adalah sofa tidak mudah kotor dan gampang untuk dibersihkan. Jika dirasa terlalu mahal, Anda dapat memilih bahan semikulit, seperti bahan oscar pada kursi tamu sofa minimalis modern Anda.
Nah itulah jenis kursi tamu yang perlu anda ketahui. Semoga bermanfaat!