Burung Berbicara
Di dunia hewan peliharaan, selain kucing dan anjing, ada hewan lain yang disukai orang. Mereka adalah burung. Seperti kucing dan anjing, burung juga memiliki berbagai spesies, seperti kutilang dan nuri. Di antara begitu banyak burung yang dibesarkan oleh manusia, burung beo dapat dikatakan sebagai "master peniru" yang unik, dan mereka dapat meniru berbagai suara, dan mengejutkan orang.
Kemampuan burung beo untuk meniru ucapan manusia bukanlah hal baru, jadi bagaimana mereka melakukannya? Faktanya, rahasianya terletak pada struktur fisiologisnya yang khusus: syrinx dan lidah.
Berbeda dengan pita suara manusia, burung beo memiliki organ suara yang disebut kicauan. Itu terletak di persimpangan trakea dan bronkus, dan terdiri dari 3-6 trakea terendah dan bronkus kiri dan kanan yang berdekatan. Secara struktur seluruh syrinx juga sangat mirip dengan struktur pita suara manusia, hanya saja pita suara manusia berjarak 20 cm dari tenggorokan sampai ujung lidah, tegak lurus. Syrinx burung beo adalah 15 cm dari lidah, yang merupakan sudut tumpul yang hampir benar. Dan sudut ini adalah kunci untuk menentukan suku kata dan nada pengucapan. Semakin dekat ke sudut kanan, semakin kuat rasa suku kata dan nada pengucapan. Oleh karena itu, burung beo dapat menghasilkan irama dan suku kata seperti manusia.
Pada saat yang sama, otot-otot leher burung beo kencang, yang memfasilitasi kontrol getaran pita suara, sehingga dapat meniru berbagai suara. Hal terpenting untuk vokalisasi burung beo adalah mengandalkan pelatihan harian orang, meniru berbagai suara, dan akumulasi pelatihan jangka panjang akan membuatnya menghasilkan memori.
Burung beo adalah hewan sosial. Mereka suka menirukan suara hewan lain karena ingin bersahabat dengan hewan lain. Burung beo di alam bebas dapat menikmati perasaan "dikelilingi" dengan meniru suara hewan lain. Burung beo yang merupakan hewan peliharaan belajar berbicara dengan manusia, yang berarti mereka ingin lebih banyak berinteraksi dengan Anda. Tergantung pada ukuran burung beo, tingkat kesulitan belajar berbicara burung beo juga berbeda. Secara umum, semakin besar burung beo, semakin mudah untuk belajar berbicara, dan semakin mudah untuk melatih mereka berbicara.
Meskipun burung beo dilahirkan dengan kemampuan meniru suara, ada banyak spesies burung beo. Tergantung pada spesies burung beo, kemampuan alami mereka untuk berbicara bervariasi. Ada sekitar sembilan spesies burung beo umum di dunia yang dapat diajarkan untuk berbicara, dan kemampuan mereka untuk meniru suara bervariasi dari satu jenis ke jenis lainnya. Tiga di antaranya dijelaskan di bawah ini.
1. Burung Beo Amazon
Spesies dengan kemampuan berbicara terkuat adalah burung beo Amazon. Tidak hanya mudah untuk belajar berbicara, tetapi mereka juga terdengar sangat dekat dengan suara manusia. Bulu burung beo Amazon sebagian besar berwarna hijau. Iris mata berwarna oranye, dan berwarna kuning di mahkota, di antara paruh, dan di paha, dan kadang-kadang di sekitar mata.
2. Burung Beo Bunga Matahari
Burung beo bunga matahari diberi nama karena mahkotanya yang berbentuk bunga matahari dan terutama ditemukan di Australia. Jenis burung beo ini memiliki kepribadian yang berperilaku baik dan cerdas. Setelah bersama manusia untuk jangka waktu tertentu, ia akan mengembangkan perasaan yang mendalam terhadap manusia dan dapat berbicara dengan manusia. Biasanya terutama makan biji-bijian, buah-buahan segar dan makanan lainnya.
3. Burung Beo Abu-abu
Burung beo abu-abu adalah salah satu burung beo besar yang suka memanjat tetapi tidak pandai terbang. Burung beo jenis ini memiliki kemampuan berbicara yang kuat, dan dapat berkomunikasi dengan manusia setelah pelatihan profesional. Ia dikenal karena kemampuannya meniru bahasa manusia dan merupakan salah satu burung peliharaan yang lebih populer.