Fakta Menarik dari Lynx dan Serigala
Dalam hutan Nalyboki di Belarus tengah barat, lynx Eurasia dan serigala hutan Eropa hidup bersama, dan terdapat persaingan antarspesies yang kuat di antara mereka.
Para ahli telah menemukan bahwa baik lynx maupun serigala memiliki kebiasaan untuk membunuh anak-anak dari spesies lain.
Hal ini tidak sulit dipahami, karena anak-anak dari kedua pihak akan menjadi ancaman bagi yang lain setelah mereka dewasa. Karena adanya lynx, tingkat kematian anak serigala tetap tinggi, mencapai 40-60%, dan bahkan 90% di daerah-daerah tertentu. Beberapa tahun, ketika semua anak serigala terbunuh oleh lynx, fenomena tingkat reproduksi nol terjadi.
Sebaliknya, tingkat kelangsungan hidup anak lynx mencapai 80%. Mengapa lynx dapat membantai anak dan cucu serigala? Hal ini terkait dengan beberapa faktor.
Lynx adalah hewan yang lebih bertanggung jawab, bagi "ayah lynx", tanggung jawab utamanya adalah menyediakan keamanan bagi anak-anak lynx. Untuk mencapai hal ini, lynx akan aktif membunuh hewan yang menjadi ancaman bagi anak-anaknya di habitatnya, perburuan ini tidak terbatas pada serigala, tetapi juga termasuk rubah merah dan musang anjing. Menghilangkan ancaman potensial terhadap anak-anak adalah rasa tanggung jawab terbesar lynx jantan.
Serigala adalah hewan bertatap muka, dan meskipun lynx berani, mereka tidak sebanding dengan serigala, bahkan lynx besar jantan dewasa pun tidak akan mengganggu serigala secara aktif. Namun, selama periode perawatan anak, ketika induk serigala pergi mencari makanan, mereka sering meninggalkan anak-anak mereka di tempat tertentu dan kembali untuk memberi makan setelah mendapatkan makanan.
Karena tidak cukup anggota dalam kelompok serigala, sebagian besar waktu hanya anak serigala yang ditinggalkan sendirian di sana, yang memungkinkan lynx untuk memanfaatkan situasi tersebut. Selain itu, seperti kebanyakan kucing, metode berburu lynx adalah tipe penyergapan, dan menyelinap di bayangan untuk mendekati target adalah keahliannya. Serigala, di sisi lain, adalah pemangsa pengikut, dan penyamaran bukanlah keterampilan yang mereka kuasai.
Di lingkungan hutan, terutama di hutan-hutan Belarus tengah dan barat, di mana jumlah pohon tumbang tinggi, lynx memiliki keunggulan unik, dalam pimpinan alam dan geografis ini yang membuat lynx mampu memusnahkan serigala.