Estetika Jembatan
Seni estetika jembatan selalu menjadi salah satu tujuan yang dikejar dan dieksplorasi oleh para insinyur jembatan. Jembatan dengan struktur dan bentuk yang sangat baik seringkali dapat menjadi representasi dan bangunan lalu lintas jalan yang sangat baik di sebuah kota, dan menjadi pemandangan yang indah untuk dilihat oleh penduduk kota, sehingga kepentingannya terbukti dengan sendirinya.
Konstruksi jembatan kontemporer berkembang pesat. Dengan berkembangnya zaman sekarang ini, konsep estetika jembatan semakin dihargai oleh dunia. Orang lebih suka melihat dan menggunakan jembatan yang penuh dengan keindahan formal, daripada jembatan yang hanya berkapasitas transportasi. Dasar dari desain estetika jembatan adalah agar jembatan tidak hanya memiliki fungsi lalu lintas selama masa pakainya, tetapi juga memberikan rasa keindahan kepada masyarakat dengan pesonanya yang selalu terlihat. Ketika orang melewati jembatan, mereka akan mendapatkan semacam kenikmatan yang indah dan mendapatkan perasaan kenikmatan fisik dan mental. Artinya, perpaduan antara kepraktisan dan estetika, serta kesatuan struktur dan fungsi.
Dalam sejarah arsitektur dunia, banyak jembatan dengan estetika teknik yang hebat telah dibangun. Hari ini, mari kita inventarisasi jembatan-jembatan yang indah ini.
1. Jembatan Astoria Megler
Jembatan Astoria Megler terletak di mulut Laut Columbia dan merupakan jembatan klasik di US 101. Jembatan ini dibangun pada tahun 1966, ketika itu lebih dari 30.000 penduduk datang untuk menyaksikan upacara tersebut. Ketika jembatan ini dibangun, jembatan ini juga mendapatkan reputasi sebagai jembatan struktur baja kontinu terpanjang di dunia, yang tidak dapat dilampaui sampai tahun 1990-an. Karena ketinggiannya yang tampaknya curam dan bentuknya yang indah, itu telah menjadi salah satu bangunan penting di Amerika Serikat.
2. Jembatan Izzy
Jembatan Ezzie di atas Sungai Mississippi, dibangun pada tahun 1874, mungkin tampak curam, tetapi tetap stabil selama ratusan tahun. Saat ini ditutupi dengan karat, dan meskipun tidak lagi semegah dulu, itu telah membuat banyak rekor dunia yang terkenal pada waktu itu. Saat ini, banyak jembatan di Sungai Mississippi telah ditinggalkan, tetapi jembatan ini masih berdiri dan berdiri, menjadikannya jembatan tertua di Sungai Mississippi. Struktur lengkung bajanya yang unik juga menjadi daya tarik terbesar jembatan ini.
3. Jembatan Banpo
Jembatan ini memiliki keindahan spiritual, keindahan elegan, dan megah. Selain itu, ini adalah jembatan dek ganda, lapisan atas adalah jalur kendaraan, dan lapisan bawah adalah trotoar, yang memisahkan fungsi jembatan menjadi titik istimewanya. Namun yang paling istimewa dari Jembatan Banpo adalah jembatan dengan air mancur. Ada 10.000 air mancur yang dipasang di kedua sisi badan jembatan, yang dapat menyemprotkan puluhan ribu ton air per detik!