Tips Bermain Skateboard
Skateboard adalah salah satu olahraga ekstrem yang bisa menjadi pilihan kamu, generasi milenial. Selain berlatih trik, ada beberapa hal yang perlu kamu latih dan siapkan, terutama bagi kamu yang baru mempelajari skateboard.
Berikut tips mudah untuk bergabung di dunia skateboard.
1. Pilih papan skate yang sesuai.
Jika pemula, ada baiknya pilihlah papan skate yang berukuran 76 inci. Karena untuk pemula, ukuran tersebut dapat memudahkan kamu untuk belajar di awal. Papan lebih kecil akan lebih mudah untuk nguliknya. Selama proses belajar, kamu bisa mengganti papan dengan ukuran yang lebih besar.
2. Belajar Jatuh
Dikutip dari tempo.co, ketika kamu mulai belajar bermain Skateboard, hal pertama yang perlu dipelajari adalah teknik jatuh atau cara jatuh yang baik dan benar.
Tentu saat bermain Skateboard, pemula akan sering mengalami jatuh karena belum terbiasa. Jika tidak hati-hati, posisi atau cara jatuh yang salah bisa saja berakibat fatal. Maka, pastikan kamu menguasai teknik jatuh yang benar agar belajar main Skateboard bisa jadi lebih aman dan mengurangi risiko cedera.
3. Teknik Melaju
Setelah kamu mampu berdiri di atas papan dengan baik, teknik selanjutnya adalah mulai meluncur. Caranya, hentakkan salah satu kaki disertai gerakan seperti mendorong.
Ketika papan Skateboard sudah mulai berjalan, selanjutnya kedua kaki harus berada di atas papan lagi.
Supaya keseimbangan tetap terjaga, kamu dapat mencondongkan badan sedikit ke depan. Jika merasa kecepatannya makin melambat, ayun dan dorong lagi dengan menggunakan salah satu kaki.
4.Belajar Jaga Keseimbangan
Main skateboard nggak cuma soal mainin papan beroda doang, bro. Di dalamnya ada beragam aspek yang harus lo kuasai, mulai dari belajar jaga keseimbangan sebagai teknik paling dasar. Latihan pertama adalah latihan berdiri di atas papan dengan stabil. Ada 2 teknik berdiri yang bisa lo pilih sesuai kekuatan kaki: regular (kaki kiri di depan) dan goofy (kaki kanan di depan). Meski terlihat simpel, nyatanya jaga keseimbangan di atas papan beroda nan licin nggak semudah yang lo kira. Cobain sendiri!
5.Kenakan Outfit Lengkap
Poin ini penting banget buat diperhatikan, khususnya buat lo para pemula yang skill-nya masih cetek. Saat awal belajar skateboard, kenakan outfit yang nyaman. Kalau bisa, pakai t-shirt dan celana panjang biar lutut lo nggak luka saat jatuh. Bahkan lebih bagus lagi kalau lo bisa pakai helm dan pelindung lutut!