Teknik Olahraga Hoki
Pengertian Hockey ialah jenis olahraga yang dimainkan oleh dua tim menggunakan keping atau bola beserta pemukulnya untuk dimasukkan menuju gawang lawan.
Bola hoki tersebut dimasukkan menggunakan alat pemukul atau tongkat hoki (stick). Permainan hoki dapat dilakukan oleh wanita maupun pria. Permainan hockey tersebut memiliki bentuk permainan yang menyerupai sepak bola.
Setiap pemain hoki pada umumnya harus mengusai teknik dasarnya masing masing. Teknik dasar permainan hockey merupakan hal wajib yang perlu dikuasai sebelum melakukan pertandingan. Hal ini dikarenakan pertandingan dapat dimenangkan dengan menggunakan teknik permainan hockey yang tersedia. Lalu apa saja teknik dasar dari bermain hoki?
1.Memegang Stick
Pada saat hendak belajar bermain tenis, maka kita akan bertanya-tanya mengenai bagaimana cara memegang raket tenis yang benar bukan? Begitu juga dengan permainan hoki yang juga mempunyai stick sebagai alat bermain dan juga penggiring bola utama. Agar tidak terjadi kesalahan, tentunya kita perlu tahu cara memegang stick paling benar.
-Tangan kanan dapat diletakkan di bagian tengah stick.
-Tangan kiri juga ikut digunakan dan pastikan untuk berada di bagian bawah stick atau ujung stick.
-Posisi stick harus benar, yaitu diantara ibu jari dan juga telunjuk dan perlu membentuk huruf V yang sejajar atau segaris dengan telapak tangan di mana bagian tersebut cembung adanya.
-Sedangkan untuk kepala stick, letakkan di permukaan tanah dengan ujung stick-nya mengarah ke atas.
2.Sikap siap dalam permainan ( The stance)
Sikap siap di dalam permainan hoki adalah dengan posisi kedua kaki terbuka selebar bahu. Kemudian, lutut agak ditekuk dengan posisi badan sedikit membungkuk ke depan dan pandangan mata selalu mengikuti jalannya bola. Posisi tangan tetap memegang stick (push) dan selalu siap untuk melakukan stop bola atau merebut bola dari lawan.
3.Penguasaan bola (Ball control)
Pada waktu mengontrol bola, dapat dilakukan latihan mendorong bola ke depan sejauh 20 cm-30 cm. Posisi kaki di tempat dan menarik bola ke belakang, mendorong bola ke arah kiri dengan cara forehand dan ke arah kanan dengan cara backhand, dan membuat angka 8 dengan menggunakan bola dengan cara mendorong bola ke depan kaki (membuat angka 8).
4.Merebut Bola / Tackling
Merebut Bola / Tackling adalah salah cara mengambil bola dari penguasaan pemain lawan. Hal ini akan membuat lawan kesulitan untuk mendapat kan point.
5.Memukul bola
Memukul bola adalah teknik yang digunakan untuk mengoper atau memberikan bola kepada teman satu tim pada jarak yang dekat atau jauh, atau untuk membuat pukulan ke arah gol. Berikut ini caranya:
-Pegang tongkat / stik dengan kuat. Tangan kiri di atas tangan kanan. Bahu kiri menghadap sasaran.
-Bola berada selari dengan kaki kiri. Awali gerakan dengan melihat ke arah sasaran dan ayunan ke belakang.
-Ayunkan stik ke arah bola dan pindahkan berat badan ke kaki depan. Bengkokkan lutut saat melakukannya. Mata tertuju pada bola terutama bagian belakang bola.
-Pukul bola, mata tertuju pada sasaran. Berat badan dipindahkan ke hadapan.
6.Mendorong Bola
Mendorong bola atau pushing adalah sebuah teknik operan di mana gerakannya sangat cepat sehingga efektivitasnya begitu tinggi pada saat dalam gerakan menyerang dan menembakkan bola. Gerakannya bisa secepat kilat ke gawang lawan maupun juga bagi tim yang dalam kondisi bertahan.
Itulah beberapa teknik dasar dalam hoki yang harus kalian pahami jika ingin mendalami olahraga ini.