Tips Bermain Tenis Lapangan
Jika Anda bosan dengan gerakan workout di rumah, maka Anda bisa mencoba olahraga baru, misalnya tenis lapangan.
Cara bermain tenis lapangan tidaklah sulit, asal Anda paham bagaimana teknik dasarnya.Tenis lapangan adalah jenis olahraga permainan bola kecil dengan raket yang terdiri dari dua pemain (pertandingan tunggal) atau empat pemain (pertandingan ganda). Yuk pelajari apa saja yang harus disiapkan hingga cara bermainnya.
Berikut adalah tips dalam bermain tenis lapangan yang akan membuat kalian memahami olahraga ini.
1.Tahap Persiapan
Temukan tempat untuk bermain. Anda bisa bermain di tenis di lapangan umum, pusat kebugaran, atau klub tenis. Coba cari tempat bermain tenis terbaik di kota Anda melalui internet atau tanyakan kepada teman-teman. Terkadang ada lapangan tenis yang bisa dipakai secara gratis, tetapi lazimnya Anda perlu membayar biaya lapangan atau keanggotaan klub tenis.
Anda bisa melatih teknik servis dasar di sembarang tempat terbuka, tetapi sebaiknya bermainlah sebanyak mungkin di lapangan tenis. Anda akan mempelajari tata letak lapangan dengan lebih cepat, dan meminimalkan risiko Anda merusak sesuatu dengan raket atau bola tenis.
2.Beli Perlengkapan yang Diperlukan
kamu harus memastikan kalau kamu sudah punya semua perlengkapan yang diperlukan untuk bermain. Kamu bisa saja meminjam dari teman, tetapi hal ini tentu menjadi tidak nyaman kalau dilakukan dalam jangka panjang. Tidak perlu membeli perlengkapan mahal sekelas pemain profesional. Cukup beli perlengkapan tenis yang sesuai dengan kantongmu.
Yang harus di persiapkan adalah raket,sepatu,bola,pakaian olaharga.
3.Latih Teknik Dasar Permainan
• Stance
Posisi siap pada kaki, badan, dan tangan untuk menerima bola atau memukul bola.
• Footwork
Footwork dikenal juga dengan teknik gerakan kaki. Dengan pergerakan langkah yang lebar, leluasa, dan tangkas, kamu dapat menguasai lapangan dengan mudah. Dasar dari footwork adalah satu kaki berfungsi sebagai tumpuan, sedangkan kaki lainnya bergerak ke segala arah, meliputi depan, belakang, dan samping.
4.Sistem skoring
-Game (poin)
Untuk memperoleh 1 poin, Anda harus 4 kali memenangi bola dari lawan. Skor pertama = 15, skor kedua = 30, skor ketiga = 40, skor keempat = 1 poin (game). Sehingga untuk memenangi satu set, Anda harus merebut 6 game (tanpa tie break).
-Deuce
Deuce terjadi apabila kedua pemain skornya sama 40. Sehingga salah satu pemain harus memenangi bola dua kali berturut-turut untuk mencapai game.
-Advantage Game
Ini terjadi saat salah satu pemain memenangi bola pertama setelah deuce (skor seri).
-Advantage Set
Advantage set terjadi saat salah satu pemain merebut game 6 setelah posisi poin 5-5.
-Tie Break
Tie break merupakan situasi di mana kedua pemain sama-sama mendapat game 6-6. Normalnya, pemain harus mencapai skor 7 untuk memenangi game. Apabila skor 6 sama, maka selisih dua poin harus dicari (8-6, 9-7, 10-8, dan seterusnya).
Itulah tips dan sedikit pemahaman aturan tentang bermain tenis lapangan yang mesti kalian ketahui sebelum bermain tenis.