Fakta Menarik Harimau
Harimau adalah kucing besar yang sangat kuat. Meskipun harimau sangat ganas, ia telah memenangkan cinta banyak orang. Apakah Anda tahu fakta-fakta tentang harimau?
1. Ada jauh lebih banyak harimau di penangkaran daripada di alam liar
Menurut statistik dari lembaga terkait, harimau telah kehilangan sekitar 95% habitatnya karena degradasi dan fragmentasi lingkungan ekologi hidup mereka. Saat ini diperkirakan ada 3.900 harimau yang hidup di alam liar. Jumlah ini adalah 100.000 pada awal abad ke-20. Artinya, tingkat penurunan jumlah harimau dalam 100 tahun terakhir telah mencapai 96% yang mencengangkan. Sementara harimau terancam punah di alam liar, diperkirakan ada sekitar 8.000 harimau di penangkaran di Asia Timur dan Tenggara; di Amerika Serikat, jumlahnya sekitar 5.000 (atau lebih), yang totalnya sudah melebihi angka 10.000. Tetapi kurangnya regulasi penangkaran seperti itu telah menyebabkan larangan berulang pada perdagangan pasar gelap harimau.
2. Garis-garis pada harimau adalah "kartu identitas" mereka
Ketika datang ke perdagangan pasar gelap harimau, kulit harimau harus disebutkan. Tidak ada dua harimau di dunia yang memiliki garis-garis yang sama pada bulu mereka. Jadi di mata para ilmuwan, garis-garis harimau telah menjadi "kartu identitas" yang unik untuk mengidentifikasi setiap individu. Para peneliti bahkan telah mengembangkan perangkat lunak untuk mengidentifikasi garis-garis pada bulu harimau untuk melacak harimau yang masih hidup dan melacak asal-usul kulit harimau rebus.
3. Keren "tato" di bawah rompi bergaris
Bahkan jika harimau dicukur, garis-garisnya tidak akan hilang. Tetapi garis-garis itu bukan garis alami pada kulit harimau, melainkan pola yang dibentuk oleh folikel rambut gelap ditubuh harimau.
4. Harimau di mata manusia dan harimau di mata mangsa
Sebagai raja hutan, bukankah lebih kondusif untuk berburu jika harimau itu hijau? Faktanya, apa warna terbaik untuk kamuflase hewan sangat tergantung pada sistem visual mangsa atau pemangsa mereka. Menurut simulasi para ilmuwan, harimau di hutan kurang mencolok bagi mangsa harimau, menyatu sempurna dengan latar belakang.
5. Harimau yang menghitam memang ada
Harimau putih adalah mutan langka dari harimau Bengal. Karena harimau putih ada secara objektif dalam kenyataan, bagaimana dengan harimau hitam? Harimau hitam (harimau melanistik) memang ada di alam, dan garis-garis hitam di tubuh mereka lebih gelap dan lebih besar dari harimau biasa, bahkan jauh melebihi area bulu kuning harimau. Garis-garis hitam lebih padat, kadang-kadang bahkan menyatu menjadi bercak hitam besar.
6. Urin harimau berbau seperti nasi basmati
Harimau diketahui menggunakan urin mereka untuk menandai wilayah dan mengirimkan sinyal, memberi para ilmuwan kesempatan untuk mempelajari urin harimau. Urin harimau mungkin berbau sangat mirip dengan makanan tertentu, menurut analisis para peneliti tentang cairan penandaan total harimau. Misalnya, urin harimau Bengal memiliki bau beras basmati, urin harimau Siberia memiliki aroma kacang yang unik, dan bau jagung.
7. Harimau suka hidup dengan air
Sebagai "kucing besar" yang lucu, harimau sangat menyukai air. Kebanyakan harimau suka memilih untuk hidup dengan air. Tidak hanya di alam liar, tetapi di penangkaran, kolam yang bersih dapat sangat meningkatkan kesejahteraan harimau.