Manfaat Dari Yogurt
Yogurt adalah olahan susu yang dipanaskan dan difermentasi bersama dua jenis bakteri, yaitu lactobacillus bulgaricus dan streptococcus thermophilus.
Yogurt pertama kali dibuat secara tidak sengaja oleh para penggembala di Asia Tengah pada ribuan tahun yang lalu. Para penggembala itu menggunakan perut domba untuk menyimpan susu. Ternyata, bakteri dari lapisan perut domba tersebut dapat mengentalkan susu yang kemudian menjadi yoghurt.
Yuk, simak daftar manfaat yoghurt untuk kesehatan berikut ini!
Manfaat Yogurt untuk Kesehatan
·Menurunkan Tekanan Darah
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang dewasa yang mengonsumsi yogurt sebanyak 2-3 porsi per hari atau lebih mengalami penurunan tensi darah hingga 50% dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi yogurt sama sekali.
Manfaat yogurt ini berasal dari kandungan kalium yang dapat membuang kelebihan natrium dari dalam tubuh.
·Sumber Protein yang Baik
Yogurt mengandung banyak protein yang memiliki manfaat baik bagi tubuh. Namun, banyaknya kadar protein dalam yoghurt berbeda-beda tergantung dari jenis yogurt.
Greek yogurt adalah jenis yogurt dengan kandungan protein tertinggi. Yogurt biasa hanya menghasilkan 9 gram protein. Sesuaikan yogurt sesuai dengan keinginan kamu.
·Menurunkan Berat Badan
Yogurt dipercaya sebagai cemilan sehat yang tidak akan membuat gemuk. Ini disebabkan karena kombinasi kandungan probiotik, protein, dan kalsium pada yogurt yang bermanfaat untuk memicu produksi hormon anti lapar, seperti GLP-1 dan peptide YY.
Yogurt juga diketahui memiliki manfaat dapat menyeimbangkan kadar kolesterol, dan memelihara fungsi otot serta sistem saraf kamu.
·Memperkuat Sistem Imun
Mineral dan gizi penting yang terkandung di dalam yoghurt bermanfaat untuk membantu meningkatkan produksi sel T, salah satu sel darah putih di dalam tubuh yang bertanggung jawab dan memiliki manfaat untuk melawan penyakit.
Kamu dapat mengonsumsi setidaknya 400 gram yogurt setiap hari agar mendapatkan manfaat memperkuat sistem kekebalan tubuh kamu serta membantu melawan infeksi dan bakteri.
·Sumber Mineral dan Vitamin
Yogurt mempunyai kandungan asupan vitamin B kompleks, magnesium, kalium, fosfor, zat besi, selenium, dan zink.
Kandungan vitamin B12 pada yogurt bermanfaat untuk membantu sistem saraf kamu agar berfungsi dengan baik serta melindungimu dari penyakit jantung.
·Menjaga Kesehatan Tulang
Yogurt juga bermanfaat untuk tulang. Yogurt kaya akan kandungan kalsium yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang dan gigi.
Minuman fermentasi susu ini mengandung kombinasi kalsium dan vitamin D yang bermanfaat untuk memperkuat tulang. Sementara itu, vitamin D dapat membantu tubuh agar menyerap kalsium dengan lebih baik.
Konsumsi yogurt juga bermanfaat untuk membantu mencegah terjadinya osteoporosis di usia tua.
·Memulihkan Kondisi Tubuh
Jika kamu rutin berolahraga setidaknya dua kali seminggu atau lebih, ada baiknya kamu mengonsumsi yoghurt. Karena ia mampu mengembalikan kondisi tubuhmu yang letih.
·Memulihkan Kondisi Tubuh
Jika kamu rutin berolahraga setidaknya dua kali seminggu atau lebih, ada baiknya kamu mengonsumsi yoghurt. Karena ia mampu mengembalikan kondisi tubuhmu yang letih.
Semangkuk Greek Yoghurt diketahui dapat membantu memperbaiki otot-otot yang lelah karena capek berolahraga.
·Menyehatkan Jantung
Beberapa penelitian menyebutkan bahwa yoghurt bebas lemak atau gula bisa meningkatkan kadar kolesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL). Di mana hal ini dapat membantu melindungi kesehatan jantung.
Yoghurt memang berkhasiat bagi kesehatan tubuh kita. Luar biasa, bukan? Yuk, manfaatkan yoghurt mulai sekarang.