Salah Satu Serangga Cantik
Kupu-kupu sangat cantik. Sayap ramping berbulu putih sedikit transparan, seperti tulle putih murni, dan ada beberapa pola ramping dan halus pada sayap, yang sangat indah dan elegan.
Kupu-kupu dikenal sebagai "bunga terbang" dan merupakan serangga yang sangat cantik. Kebanyakan kupu-kupu berukuran sedang hingga besar, dengan lebar sayap 15 hingga 260 mm, dan memiliki dua pasang sayap berselaput.
Tubuhnya berbentuk silinder panjang dan dibagi menjadi tiga bagian: kepala, dada, dan perut. Selaput tubuh dan sayap ditutupi dengan sisik dan rambut yang membentuk garis-garis berbagai warna.
Ada banyak jenis kupu-kupu. Menurut dokumen yang relevan, ada lebih dari 14.000 spesies kupu-kupu yang tercatat di dunia.
Menurut struktur morfologi, perkembangan evolusi dan kekerabatannya, ahli entomologi membagi berbagai macam kupu-kupu menjadi enam belas keluarga, dan setiap keluarga dibagi menjadi beberapa genera.
Jenis yang umum adalah:
Kupu-kupu merah muda.
Ini adalah keluarga besar kupu-kupu, dengan hampir 1300 spesies, tersebar luas di seluruh dunia.
Mereka hidup dengan tenang dari berbagai penjuru. Warnanya lebih terang, biasanya putih, kuning, oranye, dan seringkali dengan tanda hitam atau merah. Mereka biasanya sedang atau kecil.
papilio.
Ini adalah kupu-kupu dari ordo Lepidoptera. Dinamakan untuk tonjolan seperti ekor di sayap belakangnya. Namun, beberapa spesies sebenarnya tidak memiliki "ekor phoenix" yang anggun dan ramping.
Kupu-kupu kerang.
Kupu-kupu kecil tapi cantik, berkerabat dekat dengan keluarga kupu-kupu abu-abu. Sebagian besar ditemukan di Amerika Selatan. Ini terbang cepat, tetapi tidak terbang terlalu jauh.
Ketika berhenti, sayapnya menyebar seperti kerang, itulah namanya.
Kebiasaan kupu-kupu.
Tahap perkembangan.
Kupu-kupu adalah serangga metamorf sepenuhnya, dan mereka harus melalui empat tahap perkembangan: telur, larva, kepompong dan dewasa. Tiga tahap perkembangan pertama sering disebut tahap larva.
Proses perkembangan telur kupu-kupu dari meninggalkan tubuh induk hingga dewasa secara seksual disebut siklus hidup atau riwayat hidup, dan proses seperti itu sering disebut sebagai generasi.
Waktu aktivitas.
Kupu-kupu adalah serangga diurnal, aktivitas mereka di siang hari, dan kecepatan terbang mereka bervariasi dari satu spesies ke spesies lainnya.
Makanan.
Tahap larva: Ketika kupu-kupu dalam tahap larva, ia terutama memakan daun, kuncup bunga, batang dan daun berbagai sayuran, dll.
Tahap dewasa: terutama memakan nektar atau getah tanaman.
Karakteristik makan.
Setelah larva kupu-kupu menetas, beberapa spesies akan beristirahat sejenak, beberapa spesies akan langsung memakan tumbuhan inangnya, dan beberapa spesies terlebih dahulu memakan cangkang telurnya kemudian tumbuhan tersebut.
Karakteristik pemijahan.
Biasanya, sebagian besar kupu-kupu betina bertelur di tanaman tanaman inangnya, tetapi spesies yang berbeda memilih untuk bertelur di lokasi yang berbeda.Telur diletakkan di batang tanaman atau lipatan kulit kayu.
Kupu-kupu telah menjadi spesies indikator penting lingkungan ekologi karena kepekaannya terhadap perubahan lingkungan ekologis.