Pemburu Hebat
Bangau adalah burung dengan postur terbang yang sangat anggun. Sejak zaman kuno, orang telah mengagumi penampilannya yang elegan. Mereka juga menjadi favorit banyak fotografer.
Secara keseluruhan, bangau terutama berwarna abu-abu di tubuh bagian atas dan putih di perut. Bangau dewasa memiliki garis mata hitam dan bulu jambul, dan kaki dan paruh kuning-hijau yang menonjol. Mereka memiliki kaki panjang, leher panjang, dan mulut panjang yang membuat orang iri. Burung bangau tersebar luas dan dapat dilihat di banyak negara di Eurasia dan Afrika. Bangau memiliki keterampilan terbang yang luar biasa. Mereka tampan dan anggun dalam bentuk, dengan leher terentang, tungkai bawah ramping, dan sayap lebar, dan mereka bergerak seperti penari yang cantik.
Bangau berukuran relatif besar. Bangau jantan lebih besar dari betina. Bangau jantan panjangnya sekitar 75 hingga 105,2 cm dan beratnya sekitar 942 hingga 1825 gram. Warna tubuhnya terutama abu-abu, dengan dada dan perut putih. Iris bangau berwarna kuning, mulutnya berwarna kuning, dan kakinya berwarna kuning kecokelatan atau coklat tua.
Sebagai burung rawa, bangau mendiami pantai dan perairan dangkal sungai, sungai, danau, kolam, pantai, dan perairan lainnya. Mereka juga ditemukan di rawa-rawa, sawah, gunung, hutan, dan gurun pasir di perairan dangkal dan rawa-rawa. Mereka akan membangun sarang mereka di pohon, dan beberapa cabang kering dan rumput mati adalah bahan utama mereka untuk bersarang.
Mereka memangsa ikan, katak, dan beberapa mamalia kecil. Saat beristirahat, bangau kebanyakan berdiri dengan satu kaki. Mereka bergerak bersama berpasangan atau berkelompok, terkadang bercampur dengan spesies lain. Di musim semi, bangau akan terbang di udara, saling mengejar di antara individu, atau melakukan beberapa gerakan di udara, atau menyelam ke tanah, yang mungkin untuk menunjukkan "bakat" mereka untuk memenangkan hati lawan jenis.
Meskipun bangau terlihat anggun dan rendah hati, nyatanya keterampilan berburunya sangat kuat. Bangau tidak akan meninggalkan tempat-tempat yang sumber airnya seperti danau dan kolam, baik yang tinggal di dahan yang tinggi maupun yang berdiri lama di darat atau di rerumputan yang lebat, karena ada makanan favorit dan ikan yang melimpah untuk mereka tangkap. Saat menangkap mangsa, bangau bisa berdiri tak bergerak di dalam air selama berjam-jam sampai ikan kecil dan udang mendekat. Pada saat ini, bangau akan menyerang dengan cepat, menggunakan paruhnya yang panjang dan tajam untuk mengambil mangsa di dalam air. Saat menangkap mangsa seperti kelinci dan musang, bangau akan secara khusus mengambilnya dan memasukkannya ke dalam air sampai mangsa berhenti bergerak sebelum menelannya, bahkan terkadang menangkap anak buaya. Sisi ganas mangsa ini sangat kontras dengan penampilannya yang lucu.
Namun, meskipun raptor tersebut tidak diganggu oleh predator alami, jumlah mereka telah menurun. Penyebabnya adalah lingkungan tempat tinggal mereka tercemar, dan makanan yang mereka butuhkan tidak lagi mencukupi. Jika habitat mereka hilang dan makanan langka, mereka tidak akan luput dari nasib buruk. Untuk melindungi bangau, manusia telah memasukkannya ke dalam daftar merah spesies langka di dunia, berharap dengan upaya manusia, burung ini dapat terbang bebas di langit biru.