Pemandangan Menakjubkan
Gunung adalah sebidang tanah tinggi yang terbentuk secara alami di atas tanah, biasanya lebih dari 100 meter di atas tanah. Ini adalah pemandangan magis yang dibentuk oleh alam. Apakah itu disebut gunung tergantung pada penduduk setempat.
Ada tiga jenis utama gunung: gunung berapi, lipatan dan masif. Ketiga jenis tersebut dibentuk oleh lempeng tektonik: ketika bagian kerak bumi bergerak, runtuh dan menukik. Gaya tekan, pengangkatan isostatik, dan intrusi material beku memaksa permukaan batuan ke atas, menciptakan medan yang lebih tinggi daripada fitur sekitarnya.
Ketinggian fitur membuatnya menjadi gunung, atau jika lebih tinggi dan lebih curam, sebuah gunung.
1. Gunung berapi
Jajaran pegunungan utama cenderung muncul dalam busur linier yang panjang, yang menunjukkan batas dan aktivitas lempeng tektonik. Gunung berapi terbentuk ketika sebuah lempeng didorong ke bawah lempeng lain atau di punggungan tengah laut atau titik panas.
Pada kedalaman sekitar 100 kilometer, lava terjadi pada batuan di atas lempeng (akibat penambahan air) dan membentuk magma yang mencapai permukaan. Ketika magma mencapai permukaan, biasanya membentuk gunung berapi, seperti gunung berapi perisai atau stratovolcano.
Contoh gunung berapi termasuk Gunung Fuji di Jepang dan Gunung Pinatubo di Filipina. Magma tidak harus mencapai permukaan untuk membentuk gunung: magma yang membeku di bawah tanah masih dapat membentuk gunung berkubah, seperti Gunung Navajo di Amerika Serikat.
2. Lipat Gunung
Ketika kedua lempeng diperpendek di sepanjang patahan , dan percepatan kerak yang berlebihan menciptakan gunung yang terlipat. Karena kerak benua dengan kepadatan lebih rendah mengapung di atas batuan mantel yang lebih padat di bawahnya, berat bahan kerak yang dipaksa ke atas untuk membentuk bukit, dataran tinggi, atau pegunungan harus menyeimbangkan mantel dengan menekan ke bawah ke dalam volume daya apung yang lebih besar.
Akibatnya, kerak benua biasanya lebih tebal di bawah pegunungan daripada di daerah dataran rendah.
Batuan dapat dilipat secara simetris atau asimetris. Lipatan adalah antiklin, lipatan bawah adalah sinklin, dan pada lipatan asimetris, mungkin juga terdapat lipatan reclining dan flip fold. Pegunungan Jura adalah contoh pegunungan yang terlipat.
3. Gunung Blok
Gunung blok disebabkan oleh patahan di kerak bumi: bidang di mana batu bergerak melewati satu sama lain. Ketika batu di satu sisi patahan naik relatif terhadap batu di sisi lain, itu bisa membentuk gunung. Blok yang ditinggikan adalah bukit blok atau tapal kuda. Blok menurun yang disisipkan disebut grabens: ini mungkin kecil atau membentuk sistem rifting yang luas.
Lanskap bentuk ini dapat dilihat di Pegunungan Vosges di Afrika Timur, Provinsi Cekungan dan Pegunungan di Amerika Utara bagian barat, dan Lembah Rhine. Daerah ini sering terjadi ketika tegangan regional diregangkan dan kerak menipis.
Pegunungan terpanjang di dunia adalah Andes. Pegunungan Andes bukan hanya pegunungan terpanjang di Amerika, tetapi juga pegunungan terpanjang di dunia. Membentang 9.000 kilometer dari utara ke selatan dan mencakup area seluas 1,8 juta kilometer persegi.
Ketinggiannya sebagian besar di atas 3000 meter.
Pegunungan terbesar di dunia adalah Himalaya-Karakoram, yang berisi 96 puncak dengan ketinggian lebih dari 7.315,2 meter. Namun, gunung terbesar sebenarnya berada di dasar laut, di Pegunungan Cordillera, yang membentang dari Samudra Hindia hingga Samudra Pasifik bagian timur.