Fakta Gurun Gobi
Siapa sangka dibagian utara China sampai Mongolia terdapat tempat yang gersang. Sebut saja Gurun Gobi yang merupakan salah satu gurun terluas di dunia.
Gobi juga disebut Gurun Gobi , gurun besar dan wilayah setengah timur di Asia Tengah . Gobi (dari bahasa Mongolian gobi , yang berarti "tempat tanpa air") membentang di sebagian besar Mongolia dan Cina. Gobi menempati busur tanah yang luas sepanjang 1.000 mil (1.600 km) dan lebar 300 hingga 600 mil (500 hingga 1.000 km), dengan perkiraan luas wilayah 500.000 mil persegi (1.300.000 km persegi).
Berikut fakta tentang Gurun Gobi :
• Cacing Maut Mongolia
Selain menjadi tempat ditemukannya jejak dinosaurus, di Gurun Gobi ini juga menjadi tempat hidup cacing maut Mongolia. Sampai saat ini, keberadaan cacing itu masih diselidiki. Sebab, cacing mau Mongolia itu termasuk hewan yang mematikan.
• Flora dan Fauna Gurun Gobi
Flora yang paling penting keberadaannya di gurun ini adalah saxaul.
Saxaul ini semacam semak berkayu yang biasa dimanfaatkan sebagai bahan makanan, bahan makanan, dan tempat tinggal. Sedangkan fauna di gurun ini adalah rusa, serigala, unta, kuskus, beruang, keledai liar, lembu musk, dan kuda przewalski.
• Tidak Terlalu Berpasir
Biasanya gurun sering diartikan tempat berpasir yang sangat luas. Namun, di Gurun Gobi ternyata tidak terlalu berpasir. Wilayah Gurun Gobi sebagian besar terdiri dari daerah yang berkerikil, berbatu, dengan tumbuhan semak-semak di beberapa daerah, seperti di dekat Sungai Kerulen, yang menjadi sumber air di sana. Beberapa wilayah Gurun Gobi juga memang memiliki bukit berpasir, yang sering menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke sana.
• Daerah Kaya Akan Fosil
Gurun ini memiliki luas sekitar 1.295.000 kilometer persegi dan memiliki daerah bernama Bayanghongor. Di tempat itu, disebut sebagai daerah yang kaya akan fosil dinosaurus. Temuan fosil ini menjadi sumber berharga bagi ahli arkeolog. Pada Agustus 2016 yang lalu, para ilmuwan menemukan jejak kaki dinosaurus terbesar di gurun ini. Jejak tersebut diperkirakan memiliki panjang 106 cm dan lebar 77 cm, serta berusia sekitar 70 juta tahun.
• Memiliki Warisan Sejarah
Di tengah Gurun Gobi, terdapat sebuah danau yang sangat indah. Danau tersebut berbentuk bulan sabit. Oleh sebab itu, danau ini disebut Danau Bulan Sabit. Danau Bulan Sabit dan Gua Magao ini ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan sejarah yang harus dilindungi. Tempat ini juga menjadi daerah yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan dari seluruh dunia.
Gurun Gobi bisa menjadi destinasi liburan yang tepat sambil belajar tentang kehidupan makhluk hidup masa lampau ketika berwisata di China dan Mongolia. Semoga bermanfaat!