Padang Rumput Terindah
Bagi orang Indonesia, padang rumput lebih sering disebut padang sabana.
Berbicara tentang padang rumput, pasti akan langsung teringat dengan savana di Swiss atau Afrika. Indonesia Sebagai negara kepulauan, selain memiliki laut dan pantai yang sudah tidak perlu diragukan lagi, ada banyak juga sabana yang tak kalah indah dari di Afrika ataupun New Zealand. Padang rumput luas yang diselingi pepohonan ini membuatnya menjadi spot hunting foto yang keren. Berikut padang savana terindah di Indonesia yang bisa kamu kunjungi saat liburan :
• Savana Kepulauan Komodo, Nusa Tenggara Timur
Selain kamu bisa bertemu Komodo, ternyata pemandangan di pulau yang terkenal dengan kadal besar ini memang luar biasa indah. Pulau ini didominasi tumbuhan liar seperti lontar dan rerumputan.
Jika kamu berkunjung ke pulau ini tidak ada salahnya untuk naik ke atas bukit dan menikmati indahnya perpaduan savana yang luas dan pantai yang indah.
• Savana Baluran
Di Jawa Timur, ada satu lokasi padang rumput yang eksistensinya sudah tidak perlu diragukan lagi. Adalah Savana Baluran. Lokasi ini terletak di Kecamatan Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur. Jika Anda ke sini, tidak hanya akan menikmati alam yang indah, tapi juga bisa melihat langsung kerbau, kijang, banteng, dan macan tutul yang hidup bebas di sekitaran lokasi.
• Savana Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur
Anda mau tahu padang sabana terluas di Indonesia? Sumba Timur jawabannya. Anda akan sangat mudah menemukan padang sabana dengan spot menarik. Selain itu, Anda juga bisa menikmati kuda liar Sumba di beberapa tempat yang menjadi lahan peternakan bagi penduduk sekitar di sana.
• Savana Gunung Bromo
Tempat wisata yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi bagi semua masyarakat di Indonesia. Selain menyuguhkan pemandangan Gunung Bromo yang super keren, padang savana ini juga menyimpang surga yang menyejukkan berupa padang rumput yang terbentang luas.
Sesuai dengan namanya, padang savana ini terletak di sebelah selatan Gunung Bromo. Secara geografis, tempat ini dikelilingi oleh 4 wilayah perbatasan, yakni Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, dan Kabupaten Lumajang. Akses ke sini sudah sangat mudah. Kamu tinggal pilih mau berangkat dari mana.
Lokasi savana Bromo yang terletak di kawasan Wisata Gunung Bromo bisa dijangkau dengan melewati beberapa rute. Salah satu rute yang paling banyak dilalui wisatawan adalah melalui jalur Kabupaten Probolinggo. Hal ini dikarenakan lebih mudah dengan adanya terminal dan stasiun kereta api Probolinggo.
Savana Bromo memiliki keindahan yang sangat luar biasa. Pada latar belakangnya kamu bakalan melihat indahnya bukit-bukit kecil dan ilalang dengan warna-warna yang sangat cantik. Suasana yang sejuk dan segar dijamin akan membuat pikiran menjadi lebih tenang.
• Savana Gunung Merbabu
Taman Nasional Gunung Merbabu pun memiliki lokasi padang rumput yang diincar banyak pencinta alam. Selain karena pemandangan yang sangat indah, Anda juga akan terpana dengan kecantikan tanaman yang ada di sana. Udara yang sangat sejuk juga membuat Anda ingin bermalas-malasan di sana.
• Savana Cikasur, Gunung Argopuro Jawa Timur
Anda tahu Argopuro? Gunung yang terletak di Situbondo, Jawa Timur ini tak kalah pamor dengan Semeru dan Bromo. Gunung ini salah satu tempat yang memiliki banyak sabana adalah Gunung Argopuro. Tampak ilalang yang menguning saat kemarau dan gradasi hijau tua di saat musim hujan begitu cantik. Belum lagi, kesan mistis yang timbul saat hamparan sabana tertutup kabut, tapi hal itu membuat Cikasur tetap menawan.
• Savana Sembalun, Gunung Rinjani, Lombok, NTB
Savana di jalur pendakian Gunung Rinjani sebelah timur ini sangat luas, membentang sepanjang 6 km. Kamu bisa menjumpai savana ini mulai Basecamp Sembalun hingga pos 3 yang terletak di ketinggian 2.631 meter diatas permukaan laut (mdpl). Kamu bakal melihat hamparan savana yang begitu luas. Jika cuaca cerah, pemandangannya bikin kamu takjub. Savana ini menjadi salah satu daya tarik Gunung Rinjani.
• Savana Gunung Merbabu – Jawa Tengah
Savana Merbabu memang tidak seluas tempat yang lain, tapi pemandangannya tak kalah indahnya. Savana di sini ada di beberapa titik seperti di lembah dan punggungan, kamu bakal betah melihat pemandangan di sana. Salah satu cara mengunjungi savana Merbabu, kamu bisa melakukan pendakian dari Dusun Genting, Desa Tarubatang, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali. Banyak juga yang menyebutnya Savana Selo.
• Oro-oro Ombo, Gunung Semeru, Jawa Timur
Oro-oro Ombo termasuk spot sabana yang sangat Indah. Padang rumput ini terletak di antara Ranukumbolo dan Cemoro Kandang. Setelah mendaki tanjakan cinta, hamparan Sabana Oro-Oro Ombo akan menyambut Anda dengan pemandangannya yang sangat indah. Jika Anda melakukan pendakian ke Semeru setelah musim hujan, bunga lavender yang sedang mekar akan mengubah padang ini menjadi ungu. Anda bisa bayangkan betapa cantiknya Oro-Oro Ombo saat itu.
Itulah beberapa destinasi wisata padang rumput atau savana yang bisa kamu masukkan dalam bucket list liburan selanjutnya. Semoga bermanfaat!