Manfaat Buah Tin
Di balik rasanya yang manis serta tampilan dan teksturnya yang unik, ada banyak manfaat buah tin yang bisa Anda dapatkan.
Buah tin atau buah ara telah ada sejak 1400 tahun Masehi lalu. Awalnya, buah tin ditemukan di Asia Barat, tetapi kini sudah dibudidayakan di banyak daerah di Indonesia. Buah dengan nama latin Ficus carica ini ternyata memiliki khasiat yang melimpah, mulai dari mengobati sembelit hingga mengatasi asma bronkitis.
Berkat kandungan nutrisi yang melimpah di dalamnya, buah tin memberikan beragam manfaat untuk tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah tin yang bisa Anda dapatkan:
• Menurunkan Kolesterol
Buah tin mengandung pectin, serat larut yang diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol. Serat dalam buah tin membersihkan kelebihan kolesterol dalam sistem pencernaan dan membawanya ke usus untuk menghilangkannya.
• Meningkatkan Kesehatan Jantung
Manfaat buah tin mengurangi kadar trigliserida dalam darah dan berkontribuksi untuk meningkatkan kesehatan jantung. Trigliserida adalah partikel lemak dalam darah yang merupakan penyebab utama penyakit jantung. Selain itu, Journal of the American College of Nutrition mengungkap antioksidan dalam buah tin dapat menghilangkan radikal bebas dalam tubuh, yang menghalangi arteri koroner dan menyebabkan penyakit jantung coroner. Buah tin juga mengandung fenol dan asam lemak omega-3 dan omega-6 yang menurunkan risiko penyakit jantung.
• Mencegah terjadinya penyakit kronis
Buah tin memiliki kandungan antioksidan alami, seperti asam fenolik dan flavonoid, yang melimpah. Kandungan antioksidan ini paling banyak ditemukan pada kulit buah tin, terutama yang berwarna ungu gelap. Antioksidan dipercaya bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit kronis, termasuk diabetes, katarak, dan penyakit jantung.
• Meningkatkan kepadatan tulang
Buah tin kaya kandungan kalsium dan kalium. Kedua mineral ini dapat berkerjasama dalam meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah pengeroposan tulang seperti osteoporosis. Kalium dapat menjaga kesehatan tulang dan mengurangi risiko kerusakan tulang. Sementara kalsium merupakan komponen penting untuk menyusun struktur tulang. Menyantap makanan kaya kalium dan kalsium dapat mengoptimalkan perkembangan struktur tulang pada anak-anak dan remaja.
Itulah beberapa manfaat buah tin. Semoga bermanfaat!