Cara Memotret Foto
Bagus atau tidaknya foto sebenarnya ditentukan oleh komposisi,teknik,sudut,dan masih banyak lagi, jadi jika ingin mengambil foto , Anda harus mengetahui beberapa kompoisisi, teknik dan sudut yang benar saat pengambilan foto tersebut.
Komposisi 1: Komposisi simetris
Komposisi simetris dalam fotografi adalah hal yang sangat menarik. Ini membuat suatu objek menjadi pusat dari foto tersebut dan kedua sisinya yang simetris membuatnya terlihat sangat menarik.
Komposisi 2: Metode komposisi tiga titik
Yang disebut komposisi tiga titik adalah membagi gambar menjadi 3 bagian yang sama, dan menempatkannya di salah satu gambar. Ini bisa berupa komposisi kiri-kanan atau komposisi atas-bawah. Sangat cocok untuk bidang arsitektur dan pemotretan.
Komposisi 3: Diagram Blok
Jika Anda mengambil gambar di tempat dengan banyak bangunan, Anda dapat menggunakan lebih banyak gambar bingkai. Melalui kusen pintu di beberapa bangunan tersebut atau kusen yang terbentuk di antara bangunan , Anda dapat mengambil gambar gambar kusen tersebut, terutama untuk menonjolkan keindahannya.
Komposisi 4: Komposisi pedoman atua garis pemandu
Komposisi garis pemandu dapat membantu semua orang mengambil foto dengan memperhatikan garis pemandu yang akan membuat foto Anda menjadi lebih cantik dan indah, jadi komposisi ini, membantu Anda mengambil foto sesuai dengan garis yang sudah di sediakan , dan kalian dapat menaruh objek yang akan di foto di dalam garis pemandu.
Memotret pemandangan selalu menjadi favorit banyak fotografer. Tapi bagaimana Anda mengambil foto pemandangan yang menakjubkan? Berikut adalah beberapa tips dasar.
a.Perhatikan kedalaman bidang
Saat memotret foto pemandangan banyak kasus yang membuat Anda ingin pemandangan menjadi jelas dan tajam. Oleh karena itu, untuk mode lensa yang umum digunakan adalah f/8 atau lebih kecil (seperti f/16). Sehingga pemandangan dalam foto tidak akan kabur karena mode yang di atur terlalu besar.
b. Menggunakan tripod
Di sarankan untuk menggunakan tripod , untuk menghindari lensa tersentuh oleh tangan yang kemudian akan mempengaruhi hasil dari pemotretan.
c. Komposisi
Komposisi dalam pengambilan foto selalu menjadi masalah besar bagi fotografer , maka itu fotografer harus mengetahui secara jelas komposisi dalam pengambilan foto ,di atas juga sudah di jabarkan mengenai komposisi itu sendiri. Jika memahami masalah komposisi maka foto yang di hasilkan akan sangat menakjubkan.
d. Menangkap dinamika alam
Banyak benda bergerak di alam, seperti bunga dan pepohonan yang tertiup angin, air terjun yang megah, dan air yang mengalir. Kita bisa mengatur lensa menjadi mode lambat untuk menangkap pemandangan alam ini.
Jika Anda ingin mengambil foto yang bagus, penting juga untuk memiliki kamera yang cocok dan mempunyai fitur yang mumpuni.
Pertama Anda harus mencari tahu apa yang ingin Anda potret,
Fotografi tidak sesederhana menekan tombol saja. Ada juga banyak bidang dan teknik yang kalian harus pelajari sebelum mulai menjadi fotografer.
Berikut ini Ada tips belanja kamera yang sangat berguna untuk kalian yang ingin membeli kamera.
-Jika Anda tidak tahu apa-apa tentang kamera dan tidak tahu persis apa yang Anda butuhkan, pilih salah satu yang menurut Anda paling sesuai dengan anggaran Anda. Kamera yang bagus membuat Anda senang melihatnya, dan itu dapat meningkatkan frekuensi Anda dalam memakai kamera tersebut.
-Baik atau tidaknya sebuah foto, 70% faktornya adalah lensa. Lensa di jual terpisah dari kamera , tapi tentu ada yang menjualnya secara sepaket.
Walaupun kamera itu sendiri harganya jauh lebih mahal tetapi tetap lensa yang menentukan hasil dair foto tersebut , jadi kalian dapat mempertimbangkan membeli lensa yang bagus dan cocok untuk objek foto kalian.