Pengetahuan Tentang Mereka
Tahukah Anda tentang hari Gajah Sedunia? Hari Gajah Sedunia didirikan pada tahun 2012 untuk menarik perhatian Gajah Afrika dan Asia yang dalam kesulitan dan dirayakan setiap tahun pada tanggal 12 Agustus. 12 Agustus 2022 adalah hari Gajah Sedunia ke-11.
Gajah diburu untuk Gading mereka. Diperkirakan 100 gajah diburu setiap hari di Asia dan Afrika bagian mereka yang paling berharga adalah Gading.
Meskipun larangan perdagangan gading Internasional telah diberlakukan, hal itu menjadi bumerang. Larangan itu telah memperburuk kenaikan harga Gading karena orang semakin menemukan cara untuk berburu gajah.
Kita harus mencintai setiap gajah. Jangan biarkan mereka terluka lagi.
Berapa banyak yang Anda ketahui tentang gajah? Lihat fakta-fakta tentang gajah.
1. Gajah adalah mamalia darat terbesar yang hidup di dunia. Gajah Afrika terbesar memiliki tinggi 4,3 hingga 4,5 meter dan berat 5,5 hingga 8 ton.
Rekor tertinggi adalah gajah jantan, dengan panjang total 11 meter, lingkar kaki depan 2 meter, dan berat 13.000 kilogram. Gading terbesar yang tercatat memiliki panjang 350 cm dan berat sekitar 107 kg.
2. Gajah adalah hewan yang suka berteman. Keluarga adalah unit, gajah betina adalah kepala, dan gajah jantan dewasa hanya memikul tanggung jawab berat untuk membela keluarga. Kadang-kadang beberapa kawanan gajah berkumpul untuk membentuk kelompok bersama ratusan gajah.
3. Hidung gajah sangat fleksibel, hampir seperti tangan manusia, dapat mengambil benda dengan berat hingga 1 ton, dan juga dapat mengambil makanan sekecil kacang.
4. Gajah memiliki ingatan yang kuat dan dapat memprediksi cuaca. Mereka sensitif terhadap pendengaran dan dapat mendeteksi gelombang suara frekuensi sangat rendah, sehingga mereka dapat mendengar guntur kecil dan hujan lebat di kejauhan, dan memprediksi kapan hujan akan tiba, sehingga mengubah arahnya.
5. Jumlah sel kanker pada gajah adalah 100 kali lipat dari manusia, tetapi proporsi gajah yang mati akibat kanker kurang dari sepertiga manusia.
Para peneliti menemukan bahwa gajah memiliki tipe spesifik faktor penghambat leukemia 6 yang " bekerja sama " dengan satu salinan gen P53 untuk membantu menekan kanker, menghilangkan sel-sel yang rusak dan mencegah kanker.
6. Gajah adalah mamalia yang tidak bisa melompat.
Kaki gajah memiliki tulang sebanyak mamalia lainnya, tetapi celah di antara tulang lebih kecil. Dibandingkan dengan mamalia lain, gajah memiliki kaki yang tidak fleksibel dan tidak memiliki struktur elastis yang diperlukan untuk melompat dari tanah.
Jadi gajah bisa berjalan lebih cepat dari manusia, ia tidak bisa berlari atau melompat.
7. Bayi gajah perlu tinggal di perut ibu selama sekitar 2 tahun dan perlu minum ASI selama 2 tahun setelah lahir. Bayi gajah yatim tidak bisa bertahan hidup sendirian di alam liar. Karena itu, gajah betina tidak boleh dilukai.
8. Gajah memiliki bulu mata panjang yang melindungi mata besar mereka dari debu, kotoran, dan sinar matahari yang keras.
Ada lebih banyak pengetahuan tentang gajah yang menunggu Anda untuk perlu diketahui.