Membawa Sukacita
Catur adalah permainan papan strategi dua pemain. Papan catur terdiri dari 64 kotak hitam dan putih. Ada 16 buah catur hitam dan putih, sebagian besar terbuat dari kayu atau plastik, dan juga batu.
Catur adalah salah satu permainan paling populer di dunia, dimainkan dengan berbagai cara oleh ratusan juta orang.
Sejarah perkembangan Catur hampir 2000 tahun. Sebagian besar sejarawan catur di dunia percaya bahwa catur pertama kali muncul di India.
Set catur.
1. Kotak-kotak.
Papan catur adalah persegi, terdiri dari 64 kotak kecil, 8 kotak horizontal dan vertikal, satu gelap dan satu warna terang. Kotak gelap disebut kotak hitam, dan kotak terang disebut kotak putih. Potongan dipindahkan dalam kotak ini, dengan kotak putih di sudut kanan bawah.
8 garis lurus dari kiri ke kanan kotak putih diwakili oleh huruf kecil a, b, c, D, e, f, g, h.
8 garis horizontal dari putih ke hitam diwakili oleh angka 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, dan 8.
2. Potongan catur.
Ada total 32 buah, yang dibagi menjadi dua kelompok, hitam dan putih, dengan 16 buah di setiap kelompok, dan setiap kelompok dipegang oleh kedua belah pihak.
Dalam permainan, catur menggunakan potongan Tiga Dimensi, dan potongan informal dapat menggunakan potongan datar. Dengan munculnya era Internet, catur benar-benar memasuki era potongan datar.
Sering disebut sebagai permainan jenius intelektual, catur adalah salah satu olahraga terbaik untuk melatih otak.
1. Kembangkan kebiasaan berpikir yang baik.
Jika Anda belum tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya, jangan sentuh potongannya. Harus ada cukup waktu untuk berpikir.
2. Mempromosikan pertumbuhan otak.
Permainan otak yang menantang seperti catur sebenarnya merangsang pertumbuhan dendrit, pembawa sinyal dari neuron di otak.
Saat dendrit tumbuh, komunikasi saraf di dalam otak meningkat dan menjadi lebih cepat.
3. Latih kedua sisi otak.
Sebuah penelitian di Jerman menunjukkan bahwa ketika pemain catur diminta untuk mengidentifikasi posisi dan geometri bidak mereka, belahan otak kiri dan kanan menjadi sangat aktif.
4. Meningkatkan keterampilan pemecahan masalah.
Permainan catur membutuhkan pemikiran cepat dan pemecahan masalah yang cepat, karena lawan Anda terus mengubah parameter.
Sebuah studi tahun 1992 terhadap 450 siswa kelas lima di New Brunswick menunjukkan bahwa mereka yang telah belajar catur mendapat skor yang jauh lebih tinggi pada tes standar daripada mereka yang tidak.
5. Catur adalah bidak catur tiga dimensi.
Setiap bagian dibentuk dengan cermat, dan dampak visual ini sangat memperkaya imajinasi kita.
Jika Anda tertarik, anda bisa memahami dan belajar.