Kereta Tak Terbatas
Industri berat dunia terus memainkan peran penting dalam ekonomi global, tetapi dekarbonisasi masih sangat sulit dicapai.
Dan salah satu faktor yang berkontribusi terhadap masalah emisi karbon adalah energi yang dibutuhkan untuk mengangkut bahan baku berat dalam jumlah besar dalam jarak jauh. Misalnya, barang-barang seperti biji besi.
Untuk mengatasi masalah ini, Fortescue Metals Group Ltd, sebuah perusahaan pertambangan Australia (eksportir bijih besi terbesar ketiga di Australia, yang didirikan pada tahun 2003), telah mengembangkan kereta listrik tanpa emisi untuk mengangkut bijih besinya.
Kereta dikembangkan dalam kemitraan dengan Williams Advanced Engineering dan mencakup sejumlah perkembangan teknologi, yang paling penting adalah kemampuan kereta untuk mengisi ulang dirinya sendiri menggunakan energi gravitasi.
Ketika kereta yang terisi penuh melewati bagian menurun, energi potensial gravitasi dikumpulkan dan digunakan untuk mengisi ulang baterai kereta. Pengembang mengatakan ini berarti tidak perlu menginstal infrastruktur pengisian terpisah atau kapasitas pembangkit energi terbarukan dan telah memberikan kereta julukan "infinity train"
Kereta infinity tidak hanya akan mempercepat kemajuan Fortescue menuju emisi nol bersih pada tahun 2030, tetapi juga akan mengurangi biaya operasi dan menciptakan efisiensi pemeliharaan dan peluang produktivitas," jelas Andrew Forrest, Ph. D., pendiri, dan Ketua Fortescue.
Sebagai perusahaan yang berencana untuk mengubah dirinya menjadi perusahaan energi dan sumber daya hijau global, dan untuk mencapai tujuan ini, Fortescue baru-baru ini mengumumkan akuisisi Williams Advanced Engineering (WAE) dan ingin berinvestasi lebih lanjut dalam teknologi berkelanjutan.
Setelah akuisisi, kami akan tetap menjadi perusahaan independen, sementara divisi teknologi baterai yang penting akan dikoordinasikan secara erat dengan Fortescue. Kedua perusahaan akan dikelola oleh Fortescue Future Industries (FFI), perusahaan energi hijau, teknologi, dan pengembangan Fortescue.
Setelah pengumuman akuisisi, CEO wae Craig Wilson berkomentar " baterai berkinerja tinggi dan sistem elektrifikasi adalah inti dari apa yang kami lakukan, dan sekarang kami adalah bagian dari keluarga Fortescue, ini memberikan peluang menarik untuk mengembangkan teknologi baru saat kami bekerja sama untuk memerangi perubahan iklim. "
Mengangkut bahan baku secara berkelanjutan merupakan inovasi penting dan positif, dan inovasi seperti ini akan dibutuhkan di berbagai bidang. laporan IEA menyatakan bahwa "mempercepat inovasi selama dekade berikutnya akan sangat penting untuk mencapai penyebaran teknologi di luar 2030".
Model perusahaan besar yang mapan (misalnya Fortescue) bermitra dengan pakar teknologi berkelanjutan (misalnya air) merupakan jalur penting untuk mencapai tujuan inovasi ini.