Perawatan Kucing Berbulu
Ketika kucing berbulu panjang disebutkan, ras seperti Ragdolls, Persia, dan Maine Coons muncul di benak kebanyakan orang. Kebanyakan dari mereka sangat elegan dan cantik, dengan rambut panjang yang lembut dan berkilau, dan memiliki temperamen aristokrat. Ragdolls, juga dikenal sebagai" putri kecil " di dunia kucing karena penampilannya yang super tinggi.
Namun, meskipun kucing berbulu panjang tampan, rambutnya sulit dirawat, yang sering menyebabkan sakit kepala bagi pemiliknya. Bagi banyak pemilik, memelihara kucing berbulu panjang benar-benar membutuhkan banyak waktu dan usaha.
Karena mantel panjang kucing-kucing ini, simpul terkadang muncul. Disarankan agar pemilik kucing memilih sisir yang cocok untuk kucingnya sesuai dengan kondisinya. Saat merawat, usahakan selembut mungkin agar tidak melukai kulit kucing atau membuat kucing merasa tidak nyaman dan menolak.
Kucing berbulu panjang juga memiliki banyak bulu di ekornya. Karena jumlah besar dan panjang rambut di ekor juga mudah kusut. Karena itu, saat menyikat ekor, Anda juga harus berhati-hati untuk tidak terburu-buru, dengan menyikatnya sedikit demi sedikit, dan ingat untuk tidak menarik terlalu keras.
Rajin merawat kucing adalah suatu keharusan bagi pemiliknya setiap hari. Menyikat kucing setiap hari dapat membantu kucing menghilangkan sisa bulu, debu dan bakteri dari tubuh, menghindari bulu kucing yang jatuh beterbangan di seluruh rumah, dan juga meningkatkan sirkulasi darah kucing.
Jika Anda memiliki kucing berbulu panjang, Anda juga perlu merawat bulunya, jika tidak bulu kucing akan mudah mengering dan kusam. Umumnya, kucing shorthair harus dicuci setiap 2-3 bulan sekali, dan kucing berbulu panjang harus dicuci setiap 1-2 bulan sekali. Untuk memandikan kucing berbulu panjang, pastikan untuk menggunakan produk perawatan hewan peliharaan yang sangat profesional, karena rambut mereka membutuhkan perawatan khusus daripada kucing berbulu pendek. Selain menggunakan sampo hewan peliharaan untuk memandikan kucing berbulu panjang, kondisioner rambut khusus untuk kucing biasanya digunakan untuk menjaga bulu kucing tetap lembut, elegan dan berkilau.
Jika pemilik menemukan bahwa kucingnya mengalami kerontokan rambut yang serius, ia harus menemani kucing untuk berolahraga lebih banyak. Temani kucing untuk berolahraga dan bermain di rumah, dan biarkan mereka berolahraga lebih banyak, yang dapat membantu kucing meningkatkan daya tahannya. Kebugaran fisik kucing menjadi lebih kuat, dan fenomena kerontokan rambut juga akan berkurang.
Kucing adalah karnivora, sehingga mereka memiliki permintaan protein yang tinggi. Asupan protein hewani tidak hanya dapat memenuhi kebutuhan nutrisi kucing, tetapi juga meningkatkan kualitas rambut. Pemilik hewan peliharaan dapat secara teratur memberi makan kucing beberapa dada ayam rebus, daging sapi, ikan, burung puyuh, dll., dapat melengkapi protein, atau memilih makanan kucing dengan lebih dari 30% protein.
Berjemur juga merupakan cara yang bagus untuk melakukannya tanpa biaya. Ini akan memungkinkan kucing berjemur di bawah sinar matahari, yang akan membantu meningkatkan metabolismenya dan membuat kucing lebih sehat.