Grassland di Indonesia
Kini Indonesia semakin dikenal oleh dunia karena semakin banyaknya tempat wisata yang telah terekspose dan dikelola dengan baik. Sebut saja Pulau Komodo yang menjadi tujuan destinasi bagi explorer lokal dan mancanegara. Dan tak sedikit pula tempat wisata yang masih belum terjamah serta sedikit yang mengetahuinya.
Kebanyakan dari tempat wisata yang masih belum terkenal disebut sebagai hidden paradisea. Di Garut terdapat sebuah tempat yang luas dan ditumbuhi oleh rumput hijau. Jika diperhatikan tempat tersebut sangat mirip dengan grassland di New Zealand. Nama tempat tersebut adalah Tegal Panjang, Gunung Papandayan Garut.
Tegal Panjang, Gunung Papandayan
Bentangan savana hijau luas tersebut, menyajikan pemandangan lembah yang dipagari hutan hujan nan lebat, berlapis pegunungan yang menjulang.
Rerumputan hijau tak henti bergoyang diterpa hembusan angin. Pohon-pohon dengan dahan khas yang meliuk-liuk menjadi hiasan eksotis di tengah padang Tegal Panjang.
Untuk menikmati keindahan surga dunia ini, dibutuhkan perjuangan yang tidak mudah. Lanskap alamnya yang berbentuk lingkaran memanjang tak beraturan, di kelilingi hutan belantara, membuat pengunjung harus melintasi gunung, lembah, dan hutan untuk tiba di lokasi.
Persiapkan sebelum keberangkatan
Cukup menantang untuk berpetualang ke sana. Jadi, siapkan carrier atau daypack, dan packing perbekalan layaknya naik gunung. Disarankan menggunakan sepatu gunung atau sneakers, jaket tebal, kantung tidur, tenda, perbekalan yang cukup, dan peralatan memasak.
Di samping itu, yang paling utama siapkanlah fisik yang prima, olahraga teratur, dan jaga kesehatan sebelum mengunjungi Tegal Panjang. Hal ini dikarenakan, wisatawan akan berjalan jauh dengan trek naik dan turun yang melelahkan.
Tiket Tegal Panjang, Gunung Papandayan
Untuk bisa masuk ke kawasan Tegal Panjang ini tak diberlakukan sistem retribusi tiket seperti kawasan Papandayan lainnya.
Jika kamu ingin mengunjungi tempat ini, maka kamu hanya perlu izin khusus atau SIMAKSI (Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi) yang dikeluarkan oleh BKSDA (Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam) Gunung Papandayan. Tanpa SIMAKSI yang lengkap maka kamu tidak boleh masuk, dan jika kamu melanggarnya maka kamu akan dikenakan denda dan sanksi. Selain hal tersebut, ditempat ini pula kamu sama sekali DILARANG untuk berkemah.
Rute Menuju Tegal Panjang, Gunung Papandayan
Ada dua jalur untuk mencapai Tegal Panjang, yaitu melalui Gunung Papandayan dan Pangalengan. Kedua jalur ini memerlukan waktu enam jam tracking melintasi gunung dan hutan dari desa terdekat.
Jika melalui Papandayan maka berangkatlah menuju Desa Cisurupan. Namun, jika memulai dari Pangalengan, berangkatlah menuju Desa Cibatarua.
Namun hati-hati saat berjalan karena banyak daun Tereptep (kata orang sunda mah) atau Tanaman mematikan digunung yang bisa menyebabkan gatal dan panas saat menyentuh kulit meski terhalang kain juga.
Gimana tertarik untuk datang dan berkunjung ke Tegal Panjang yang sangat indah dan mirip grassland New Zealand ini? Ayoo ajak temanmu.