4 Indikator Untuk Kanker
Sering ditanyakan, kanker mana yang memiliki tingkat kekambuhan tertinggi. Bagaimana mencegah kekambuhan? Mari kita bahas topik ini hari ini.
Apakah kanker mudah kambuh terutama tergantung pada "indikator" berikut (Faktor yang mempengaruhi):
1. Fitur patologis kanker
Berbicara tentang tingkat kekambuhan kanker hanya dari jenis kanker, pada dasarnya, berarti bahwa karakteristik biologis dan perilaku kanker mempengaruhi kekambuhan.
Dari sudut pandang ini, secara umum, kanker yang agresif dan tumbuh cepat, kanker berdiferensiasi buruk atau tidak berdiferensiasi, dalam kondisi yang sama, biasanya memiliki kemungkinan kekambuhan yang lebih tinggi. Ini seperti orang yang lebih buruk, semakin besar kemungkinan mereka melakukan kejahatan di masa depan, yang merupakan hal yang sama.
Namun pada kenyataannya, kanker ini biasanya lebih sensitif terhadap kemoterapi, dan banyak bahkan mereka dapat disembuhkan, Seperti koriokarsinoma, jenis limfoma tertentu, dll.
Misalnya, kanker dengan tingkat kekambuhan tinggi seperti kanker pankreas, kanker saluran empedu, kanker kerongkongan, dll. Untuk kanker tiroid (tipe terdiferensiasi), kanker payudara (tipe non-triple negatif), dan kanker kolorektal, tingkat kekambuhan relatif rendah. Namun, seperti yang disebutkan sebelumnya, semuanya jauh dari sederhana, dan tingkat kekambuhan dipengaruhi oleh banyak faktor.
2. Stadium kanker
Stadium adalah faktor yang sangat penting. Biasanya, semakin dini kanker ditemukan dan semakin dini Stadium semakin rendah probabilitas kekambuhan. Sebaliknya, semakin tinggi tingkat kekambuhan, yang dipahami dengan baik. Ketika memikirkan masalah, harus ada pemikiran probabilistik, dan pemikiran dialektis, dan jangan sampai ekstrem dan tidak bisa absolut.
3. Apakah pengobatan kanker distandarisasi?
Karakteristik patologis dan stadium kanker tidak dapat diubah pada saat diagnosis. Yang paling penting adalah apakah kanker akan kambuh atau tidak. Perawatan yang tidak teratur akan membuat pasien yang tidak kambuh lebih mungkin kambuh, dan dengan pengobatan standar, risiko kekambuhan adalah yang terendah dalam kondisi yang sama.
4. Faktor pasien dan keluarga
Gaya hidup pasien, keadaan mental dan psikologis, dan dukungan anggota keluarga juga memiliki dampak tertentu pada kekambuhan. Apakah klien memperhatikan untuk mempertahankan gaya hidup dan kebiasaan makan yang baik, pekerjaan dan istirahat yang teratur, kondisi mental yang damai dan optimis, dan suasana keluarga yang baik dalam kehidupan selanjutnya dapat memainkan peran penting.
Singkatnya, kita tidak bisa begitu saja mengatakan jenis kanker mana yang memiliki tingkat kekambuhan tinggi, tetapi kita harus menganalisis secara komprehensif berbagai faktor seperti jenis kanker patologis, Stadium, apakah pengobatannya standar, dan gaya hidup dan kondisi mental pasien, yang tidak dapat digeneralisasi.