Bunga Artichoke
Artichoke adalah bunga dari thistle yang dapat dikonsumsi dan biasa dicampur sebagai bahan masakan terutama di negara-negara Eropa. Namun ternyata tanaman yang satu ini memiliki banyak khasiat dan biasa digunakan sebagai obat penyakit tertentu.
Sayuran dengan nama ilmiah Cynara scolimus ini habitatnya berasal dari wilayah Timur Tengah. Di Indonesia sayuran ini jarang dikonsumsi karena belum banyak dibudidayakan.Sayuran artichoke memiliki bentuk yang mengerucut dan memiliki sisik – sisik besar atau kelopak berbentuk segitiga. Bagian yang bisa dikonsumsi adalah jantung artichoke yang terletak di bagian bawah kelopaknya.Artichoke tidak sepenuhnya disebut sebagai sayuran karena bentuknya merupakan bunga yang masih kuncup.
Berikut manfaat artichoke bagi kesehatan :
1. Mencegah Kanker
Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh USDA terhadap 1.000 tanaman dari berbagai jenis makanan, kandungan antioksidan pada artichoke berada pada peringkat ke-7. Sifat antioksidan pada tanaman artichoke berasal dari polifenol yang memiliki kualitas kemopreventif, yaitu dapat memperlambat, menghentikan, atau benar-benar membalikkan efek dari kanker. Selain itu kandungan quercetin dan rutin pada artichoke juga terbukti dapat mengurangi kemungkinan terkena kanker.
2. Kesehatan Jantung
Selain dapat memerangi kanker, artichoke juga berguna bagi jantung. Kandungan tertentu dalam daun artichoke dapat mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), atau asam lemak omega-30, sehingga sangat bermanfaat meningkatkan kesehatan jantung Anda.
3. Menjaga Keseimbangan Tekanan Darah
Artichoke kaya akan kalium yaitu mineral penting yang berguna bagi banyak sistem organ di seluruh tubuh. Kalium membantu menetralisir kelebihan natrium yang dapat meningkatkan tekanan darah. Oleh karena itu artichoke dapat bertindak sebagai vasodilator dan sangat berguna bagi mereka yang minum obat hipertensi untuk mencegah efek dari kekurangan kalium.
Penderita diabetes juga dianjurkan mengkonsumsi artichoke untuk mencegah komplikasi yang berkaitan dengan tekanan darah. Disamping itu, artichoke juga dapat mencegah kemungkinan serangan jantung dan penyakit jantung coroner.
4. Kesehatan Hati
Artichoke digunakan sebagai tonik tradisional untuk hati selama berabad-abad. Kemudian, kandungan cynarin dan silymarin pada artichoke telah terbukti dapat meningkatkan kesehatan hati secara keseluruhan dengan mengurangi racun dan memfasilitasi eliminasi racun dari hati dan tubuh.
5. Mengatasi Masalah Pencernaan
Artichoke kaya akan serat yang merupakan salah satu gizi pokok yang paling bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan dan fungsi sistem pencernaan Anda. Serat dapat mengurangi sembelit, kanker usus, kembung, kram, dan gangguan perut lainnya. Selain itu, artichoke juga dapat menenangkan kantong empedu yang meradang.
6. Mencegah Cacat Lahir
Artichoke kaya akan asam folat yang dapat mencegah cacat tabung saraf yang kemungkinan terjadi pada bayi baru lahir. Sehingga wanita hamil juga disarankan untuk mengkonsumsi artichoke.
Efek Samping
Pengonsumsian artichoke jarang sekali menimbulkan gejala efek samping, terutama jika tanaman ini dikonsumsi dalam bentuk sajian hidangan. Namun pada sebagian orang, konsumsi tanaman ini dapat menimbulkan efek samping. Gejala efek samping yang paling umum akibat konsumsi tanaman ini adalah kembung, sakit perut, dan diare. Selain itu, juga dapat menimbulkan gejala efek samping pada orang yang memiliki riwayat alergi dengan artichoke, marigold, dan aster.
Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!