Manfaat Olahraga Lari
Untuk menjaga kesehatan tubuh dan kesehatan mental adalah melakukan olahraga secara rutin.
Lari menjadi satu di antara olahraga yang banyak diminati semua kalangan masyarakat. Hal ini dikarenakan lari merupakan olahraga sederhana dan terbilang murah.
Ketika Anda berolahraga lari, cukup mengenakan pakaian olahraga, sepatu, dan mencari lokasi untuk olahraga lari. Walau bisa dibilang olahraga paling sederhana, melakukan aktivitas ini secara rutin bisa memberikan manfaat yang baik bagi tubuh. Lari merupakan kategori olahraga kardiovaskular yang sempurna. Ketika melakukannya, Anda membakar banyak lemak, paru-paru dipaksa menghirup banyak oksigen, otot-otot jantung terlatih, termasuk bisa meredakan stres yang dialami. Waktu yang tepat untuk melakukan olahraga lari adalah pagi hari. Saat pagi hari, tubuh akan mendapatkan kualitas udara serta oksigen yang baik untuk sistem pernapasan. Bila dilakukan secara rutin, ada banyak manfaat lari bagi kesehatan yang bisa Anda peroleh, di antaranya:
• Terhindar dari obesitas
Seperti yang kita tahu, manfaat olahraga lari secara rutin efektif untuk membantu proses pembakaran lemak di dalam tubuh karena lancarnya metabolisme di dalam tubuh, sehingga dapat mengurangi resiko obesitas.
• Meningkatkan Sistem Imun
Imun atau daya tahan tubuh yang baik merupakan manfaat olahraga lari secara rutin. Stamina dan daya tahan tubuh yang baik dapat meningkatkan mood bahkan menumbuhkan semangat dalam bekerja maupun beraktifitas lainnya, sehingga performa kerja dan aktivitas lainnya juga akan lebih maksimal.
• Meningkatkan Stamina
Banyak orang menganggap ketika melakukan olahraga lari dipercaya menurunkan stamina. Faktanya, olahraga lari secara rutin justru membuat tubuh bugar dan stamina membaik. Hal itu dikarenakan aliran darah akan tersuplai secara baik ke seluruh tubuh sehingga Anda akan terhindar dari rasa lemas.
• Mengatasi Stres
Stres kerap muncul akibat masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari, seperti pekerjaan, keluarga, dan masalah lainnya. Olahraga lari bisa menjadi solusi yang tepat bagi Anda yang mengalami stres.
Rutin melakukan olahraga lari dapat meningkatkan suasana hati seseorang dan berdampak baik pada kualitas hidup. Ketika Anda berolahraga lari, manfaat yang didapatkan bisa menurunkan risiko Depresi dan mampu membuat mood atau suasana hati menjadi baik.
• Menyehatkan Jantung
Ketika Anda melakukan olahraga lari, detak jantung Anda akan berdegup lebih kencang dari normalnya. Hal itu menandakan bahwa jantung sedang dilatih agar lebih kuat. Oksigen akan mengalir bersama darah dan dipompa oleh jantung ke seluruh tubuh. Selain sirkulasi darah yang lancar, berlari menurut studi dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) sehingga menyehatkan jantung.
• Meningkatkan Kepercayaan Diri
Berkat manfaat olahraga lari yang berdampak positif pada kesehatan fisik, secara otomatis kepercayaan diri pun akan meningkat. Misalnya, ketika kamu berhasil menurunkan berat badan, kamu akan semakin percaya diri saat tampil di hadapan publik.
• Motivasi untuk Berinteraksi
Sebagian besar orang melakukan olahraga lari di hari minggu pagi di jogging track yang disediakan khusus untuk mereka yang ingin berolahraga. Selain menjadi hari libur nasional, hari minggu juga dimanfaatkan banyak orang untuk berinteraksi dengan orang-orang yang jarang ditemui.
• Memperbaiki Kualitas Tidur
Jika kamu memiliki masalah dengan tidur, olahraga lari dapat membantu kamu mengurangi masalah ini. Cobalah untuk berlari setiap hari di pagi hari. Rutin berlari akan menghilangkan masalah insomnia sehingga meningkatkan kualitas tidur dan membuat pola hidup menjadi lebih baik.
Itulah beberapa manfaat olahraga lari. Semoga bermanfaat!