Jembatan Besar
Saat ini, bangunan jembatan telah menjadi bagian mendasar dari lanskap perkotaan, dan maknanya telah melampaui bentuk fisiknya sebagai simbol kemajuan budaya dan politik.
Di tempat-tempat seperti New York City, Paris dan London, beberapa jembatan telah menjadi tujuan mereka sendiri, menarik jutaan wisatawan setiap tahun untuk mengambil gambar. Di bawah ini adalah daftar 10 jembatan paling megah di dunia, jika Anda memiliki kesempatan, Anda harus datang mengunjunginya.
1. Jembatan Golden Gate
Jembatan Golden Gate yang ikonik di Amerika Serikat selesai pada Mei 1937. Desain jembatan dipengaruhi oleh Art Deco, dan warna khasnya disebut "oranye internasional", dan struktur jembatan menonjol bahkan ketika ada kabut tebal di sekitar Bay Area.
2. Ponte Vecchio
Jembatan Vecchio, yang membentang di Sungai Arno, adalah tempat Dante dan Beatrice, penulis Komedi Ilahi bertemu, sehingga disebut "Jembatan Cinta". Jembatan lengkung di Florence ini dibangun pada tahun 1345 setelah bangunan sebelumnya tersapu banjir pada tahun 1117, dan jembatan tersebut selalu dihuni oleh para pedagang.
3. Jembatan Helix Ganda
Jembatan Double Helix adalah salah satu landmark paling populer di Singapura. Desain jembatan dimodelkan setelah struktur DNA, dan juga merupakan tempat yang bagus untuk menikmati pemandangan Singapura yang luar biasa, karena desainnya yang menggabungkan platform tampilan dengan kantilever khusus.
4. Jembatan Brooklyn
Sejak tahun 1883, Jembatan Brooklyn menghubungkan Manhattan dan Brooklyn, dengan Menara granit dan batu kapur serta lengkungan menjadikannya salah satu landmark paling terkenal di dunia.
5. Jembatan London
Desain Tower Bridge terinspirasi oleh arsitektur neo-Gothic yang populer di Inggris selama abad ke-18 dan awal abad ke-20. Arsitek memilih desain khusus ini karena Ratu Victoria menentang pembangunan gedung modern di sebelah Menara London karena akan terlihat tidak pada tempatnya dengan bangunan di sekitarnya.
6. Jembatan Rantai Szechenyi
Jembatan Rantai Szechenyi adalah jembatan permanen pertama yang menghubungkan dua distrik Budapest, Buda dan Pest, diresmikan pada tahun 1849. Patung singa menjaga dua pintu masuknya, dan jembatan itu memiliki berat sekitar 5.200 ton dan didukung oleh dua menara melengkung.
7. Jembatan Sheikh Zayed
Jembatan Sheikh Zayed di Abu Dhabi terinspirasi oleh bentuk gundukan pasir. Karena kerumitan desainnya, jembatan itu membutuhkan waktu tujuh tahun untuk menyelesaikannya. Siluet jembatan dikandung oleh Zaha Hadid, sedangkan pencahayaan khasnya adalah karya Rogier van der Heide. Lampu, dipasang di sepanjang struktur melengkung jembatan,"melambangkan energi Kota".
8. Jembatan Manhattan
Jembatan Manhattan memiliki panjang 2.089 meter dan mengesankan dengan pintu masuk kebangkitan Yunani yang megah. Lengkungan dan tiang yang rumit disusun oleh firma arsitektur Carrere & Hastings, mengambil inspirasi dari Monumen klasik Eropa.
9. Sydney Harbour Bridge
Dibuka pada tahun 1932, jembatan lengkung yang indah ini membentang di Sydney Harbour dan menghubungkan kota ini ke North Shore Sydney. Struktur melengkung ikoniknya ini memiliki berat 39.000 ton dan puncaknya 134 meter di atas permukaan laut, dan desainnya terinspirasi oleh jembatan Hells Gate di New York City.
10. Jembatan Vasco da Gama
Jembatan Vasco da Gama Lisbon dibuka untuk lalu lintas pada tahun 1998 dan merupakan jembatan terpanjang di Eropa, yang membentang lebih dari 16 kilometer. Jembatan ini dinamai penjelajah Portugis Vasco da Gama, Orang Eropa pertama yang mencapai India melalui laut.