Buah Apel
Buah apel merupakan salah satu jenis buah yang banyak ditemukan di pasaran. Buah apel ini di Indonesia banyak ditemukan di daerah batu malang dimana sebagai sentra perkebunan apel.
Apel memiliki rasa yang enak dank has serta manfaat yang baik untuk kesehatan. Bahkan ada pepatah yang mengatakan “memakan satu buah apel dapat menjauhkan anda dari dokter”. Pepatah mengatakan hal tersebut tentunya karena adanya alasan tertentu.
Tak hanya lezat dan menyegarkan, manfaat apel bagi kesehatan juga tidak perlu diragukan. Buah yang umum dikonsumsi masyarakat Indonesia ini diketahui mengandung beragam nutrisi yang baik bagi tubuh. Buah apel rendah kalori serta mengandung beragam vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin C, dan kalium.
Namun ketika anda mengonsumsi buah apel jangan dibuang kulitnya ya. hal ini disebabkan karena ternyata yang mengandung nutrisi tinggi bukan hanya di dalam buah apel saja namun juga di dalam kulitnya. Sebelum anda makan apel sebaiknya cukup cuci bersih apel dan kemudian makan.
Berikut adalah manfaat kesehatan yang diketahui dari apel :
-1 Dapat meningkatkan kesehatan usus Ada bakteri baik di usus Anda yang membantu menjaga masalah pencernaan seperti kembung, dan penelitian menunjukkan bahwa apel — terutama apel organik dapat menjaga mikrobioma usus yang sehat.
-2 Dapat mengatur pergerakan usus Satu apel dengan kulitnya mengandung sekitar 4,5 gram serat, termasuk serat larut dan tidak larut, yang memiliki manfaat usus sebagai berikut: Serat larut menyerap air dan berubah menjadi zat seperti gel yang dapat memperlambat pencernaan, mencegah diare. Serat tidak larut mengisi tinja Anda dan membantu makanan melewati usus Anda dengan cepat, mencegah sembelit.
- 3 Dapat menurunkan tekanan darah Apel belum tentu merupakan sumber yang kaya potasium, tetapi jika Anda mengonsumsinya bersama dengan diet sehat yang beragam, potasium dalam apel dapat membantu berkontribusi pada tekanan darah yang sehat karena dapat merelaksasi dinding pembuluh darah, sehingga mengurangi ketegangan: Sebuah tinjauan tahun 2015 dari tiga studi menemukan bahwa orang yang makan lebih dari empat porsi seminggu buah dan sayuran utuh, termasuk apel, memiliki risiko lebih rendah terkena tekanan darah tinggi daripada mereka yang hanya makan buah dan sayuran utuh sebulan sekali.
- 4 Dapat menurunkan kolesterol Serat larut dalam apel dapat membantu membatasi jumlah kolesterol yang diserap ke dalam aliran darah Anda, yang dapat menurunkan LDL atau kolesterol "jahat", kata Rice. Menurunkan kolesterol secara umum mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, diabetes tipe 2
- 5 Dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda Cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh melalui perubahan pola makan dan gaya hidup Serat larut, seperti pektin yang ditemukan dalam apel, dapat memperkuat sistem kekebalan Anda, kata Allison Childress, PhD, RDN, ahli diet dan asisten profesor di Departemen Ilmu Nutrisi di Texas Tech University. "Serat larut meningkatkan produksi protein interleukin-4 yang merangsang sel-T. Sel-T memainkan peran penting dalam kekebalan kita terhadap patogen,"
Jika Anda menyukai artikel ini, silakan teruskan ke teman Anda!