Bunga Anggrek
Anggrek menjadi salah satu tanaman hias yang kerap menjadi pilihan untuk menghiasi halaman rumah. Salah satu faktor yang membuat bunga satu ini menjadi idaman adalah karena warnanya yang cantik.
Anggrek adalah bunga yang banyak disukai karena kecantikannya. Bahkan banyak orang suka mengoleksi ragam spesies anggrek sampai yang paling langka. Namun siapa sangka ternyata selain dikagumi karena menambah keindahan interior dan eksterior, anggrek juga banyak memiliki khasiat bagi kesehatan.
Anggrek merupakan salah satu dari sekian banyak bunga yang tersebar di berbagai daerah beriklim tropis. Bunga anggrek memiliki nama latin Orchidaceae. Anggrek termasuk bunga dan bagian lain dari tanaman yang dapat dikeringkan dan ditumbuk lalu ditambahkan ke berbagai sediaan herbal.
Mereka juga bisa dikonsumsi dalam bentuk teh. Jenis anggrek tertentu dikumpulkan, dikeringkan cepat dan kemudian ditutup rapat untuk digunakan membuat teh herbal.
Beberapa pendukung pengobatan alami juga mengklaim bahwa akar anggrek memiliki sifat antibiotik atau anti mikroba alami. Minyak atsiri yang diekstrak dari tanaman anggrek juga digunakan untuk meredakan berbagai penyakit oleh praktisi aromaterapi.
Manfaat Bunga Anggrek bagi Kesehatan:
- Meredakan masalah pernapasan
Bunga anggrek jenis gading dapat dimanfaatkan obat sebagai masalah pernapasan seperti alergi, asma hingga disentri. Caranya cukup dengan haluskan bunga anggrek, lalu rebus hingga mendapatkan ekstraknya.
- Meredakan demam
Salah satu manfaat bunga anggrek adalah sebagai obat demam. Jadi, apabila keluarga Anda mengalami demam di malam hari, mengolah bunga anggrek bisa menjadi salah satu cara meredakannya.
- Menyembuhkan Nyeri Sendi
Tahukah Anda kalau bunga anggrek juga bisa digunakan untuk menyembuhkan sakit sendi? Bunga anggrek dipercaya dapat digunakan sebagai obat yang bermanfaat untuk mengobati berbagai macam gangguan nyeri sendi.
- Menyembuhkan Sakit Perut
Manfaat bunga anggrek bagi kesehatan yang pertama dapat menyembuhkan sakit perut. Melansir dari Homeopathy, dengan menggunakan daun anggrek kita bisa membuat obat untuk gangguan pencernaan dan maag.
Bahannya cukup mudah, yaitu bunga anggrek, daun anggrek, jahe, dan gula merah. Giling bunga dan daun anggrek dan ekstrak 10 sampai 20 ml, tambahkan jahe dan gula merah dan segelas air dan didihkan selama beberapa waktu. Saring dan diminum setiap hari. Ekstrak ini akan menyembuhkan sakit maag, gangguan pencernaan, dan membunuh cacingan.
- Menyembuhkan Masalah Menstruasi
Selain menyembuhkan masalah pencernaan, ternyata manfaat bunga anggrek juga dapat mengatasi masalah mentruasi. Dengan bantuan bunga anggrek, kita bisa menyiapkan obat untuk masalah haid.
Beberapa bunga anggrek direbus dengan gula merah dan air selama beberapa waktu, disaring dan diminum setiap hari yang menyembuhkan gangguan menstruasi dan masalah rahim. Itu juga melebarkan dada dingin dan mengeluarkannya.
- Menyembuhkan Infeksi Saluran Kemih
Manfaat bunga anggrek selanjutnya dapat membantu menyembuhkan infeksi saluran kemih.
Ambil 2 kg kuncup anggrek untuk ditambahkan dua gelas air dan rebus hingga menjadi satu gelas. Minum dua kali sehari ini yang menyembuhkan banyak masalah perut terutama infeksi saluran kemih. Ini juga menyembuhkan tumpukan dan bisul di organ ekskresi.
- Menghilangkan polusi
Bunga anggrek juga dipercaya dapat menghilangkan polusi udara. Bagi Anda yang menanam bunga anggrek, dapat menjadikannya sebagai tanaman hias di rumah yang dipercaya dapat membantu menghilangkan polusi di sekitar.
Sehingga Anda bisa terhindar dari berbagai polusi udara. Kemudian, Anda bisa menghirup udara segar, terutama udara yang bebas polusi.
Semoga informasi ini bermanfaat!