Keajaiban dunia ke-8
Ladang bertingkat, sebagai metode penggunaan lahan yang penting dalam proses produksi pertanian manusia, tidak jarang di seluruh dunia.
Tanaman yang ditanam di ladang bertingkat di seluruh dunia juga berbeda karena faktor-faktor seperti lingkungan. Ladang bertingkat di Eropa sebagian besar ditanami Anggur dan pohon zaitun, sedangkan ladang bertingkat di Asia sebagian besar dibudidayakan dengan padi.
Di puncak pegunungan Cordillera pada ketinggian 700 hingga 1500 meter di Pulau Luzon Tengah di Filipina utara-tengah, terdapat sawah terasering terbesar di dunia, sawah terasering Cordillera. Karena ketinggiannya yang tinggi, ladang bertingkat membentang lurus ke atas di sepanjang gunung, dan dengan latar belakang awan dan kabut yang tersisa, tampak seperti tangga hijau menuju kerajaan surga.
Ada lebih dari 20.000 hektar bidang bertingkat secara total, mencakup 4 kota dan terdiri dari 5 bidang bertingkat di 4 kota. Panjang gabungan dapat mengelilingi setengah dunia, yang merupakan proyek besar. Oleh karena itu, beberapa orang menyebutnya "keajaiban dunia kedelapan". Bidang bertingkat ini mengintegrasikan kebijaksanaan manusia 2.000 tahun yang lalu. Selain menjadi fenomena budaya, itu juga merupakan kepercayaan. Ini adalah kepercayaan orang-orang suku Ifugao kuno dalam koeksistensi alam dan manusia yang harmonis.
Sekitar 2.000 tahun yang lalu, suku-suku asli yang tinggal di Ifugao harus mengolah sawah di Pegunungan telanjang untuk bertahan hidup. Untuk memastikan kesuburan tanah dan retensi air, mereka menggunakan batuan sepanjang 2-4 meter untuk membentuk tanggul di luar teras. Ladang bertingkat di sini telah diairi dengan mata air sejak zaman kuno, dan mata air ditarik keluar oleh tabung bambu, dan kemudian melewati gerbang pintu air dan mengalir ke ladang bertingkat, dari Tinggi ke rendah, tidak ada yang kekurangan air. Dan karena pegunungan yang curam, dinding luar ladang bertingkat sebagian besar terbuat dari batu, dan ladang bertingkat dengan tangga yang rapi dan proporsional sangat menakjubkan.
Di masa lalu ketika tidak ada alat transportasi, batu-batu besar ini semuanya dibawa dengan tangan. Mereka membawa mereka di bahu mereka dan dengan tangan mereka. Mereka bekerja keras berkali-kali untuk mengeluarkan daging dan keringat mereka di tanah tandus ini. Di pegunungan yang menjulang tinggi, tanggul sepanjang 19.000 kilometer dibangun untuk ladang bertingkat. Batu yang digunakan melebihi piramida Mesir dan disebut "tangga ke surga".
Sejak itu, telah ada kehidupan hijau yang berkembang di punggung bukit yang tandus dan terjal, yang telah menjadi sawah bertingkat yang unik di Filipina. Pada tahun 1995, itu tertulis di Daftar Warisan Dunia oleh UNESCO sebagai "lanskap budaya evolusi organik".
Orang-orang dari suku Ifugao telah terisolasi dari dunia dari waktu ke waktu karena medan yang berat. Tidak peduli bagaimana perkembangan zaman, mereka selalu berpegang pada model pertanian mereka. Apakah itu pengajaran lisan atau operasi praktis, mereka meneruskan pengetahuan pertanian. Karena alasan inilah meskipun Filipina diduduki oleh Spanyol, secara tak terduga tidak terpengaruh dan mempertahankan penampilan aslinya. Jadi sawah Cordillera, seperti fosil hidup, menceritakan kisah harmonis perpaduan nenek moyang Filipina dengan alam 2.000 tahun yang lalu.
Pengalaman menonton bidang bertingkat di sini tidak sebagus yang dari bidang bertingkat di tempat lain di dunia. Selain itu, ketinggian di sini tinggi, dan matahari telah naik ke tengah langit ketika matahari dapat mencapai bidang bertingkat. Diperkirakan bahkan lebih sulit untuk mengambil film besar.
Oleh karena itu, wisatawan asing yang datang ke sini sebagian besar adalah backpacker Eropa dan Amerika. Mereka suka mengikuti adat istiadat setempat, duduk di atap jeepney untuk menyaksikan ladang bertingkat, dan duduk di punggung bukit berpasangan atau Bertiga untuk menyaksikan matahari terbenam, dengan santai. Saat matahari terbenam, baik sendiri atau dengan kekasih, berkeliaran tanpa tujuan di desa suku kuno. Melihat beberapa kerajinan indah, berhenti untuk bermain, tawar-menawar dengan vendor, dan membeli salah satu Ukiran Kayu Ifugao Anda sendiri adalah keuntungan kecil.
Budaya tradisional yang sakral dan perspektif lanskap yang unik menjadikannya lanskap yang indah yang mencerminkan integrasi antara manusia dan lingkungan. Ini adalah lanskap budaya yang hidup dengan keindahan dan warisan budaya yang tak tertandingi.