Menari Di Atas Ombak
Olahraga berselancar berasal dari Kepulauan Hawaii. Pada tahun 1915, permainan selancar pertama kali menyebar ke benua Amerika Selatan. Pada tahun 1962, Kejuaraan selancar dunia pertama diadakan di Manly, Australia. Jika Anda penasaran dengan selancar, mari membaca fakta-fakta tentang selancar sebagai berikut.
Pentingnya memilih papan selancar yang cocok untuk Anda, jadi bagaimana cara memilih papan selancar?
1. Panjang Papan
perbedaan yang paling jelas dalam panjang papan selancar adalah semakin panjang papan selancar, semakin sedikit fleksibilitas yang akan Anda dapatkan. Untuk pemula, papan yang panjang memiliki daya apung dan karakteristik papan yang bagus, membuatnya mudah untuk dikenali. Sisi negatifnya adalah pemula tidak akan siap meluncur saat ombaknya terlalu besar.
2. Lebar Papan
semakin luas papan selancarnya, semakin tinggi kualitasnya dan semakin lambat kecepatan relatifnya.
Semakin sempit papan, semakin tinggi fleksibilitas kemudi. Papan yang lebih lebar lebih baik untuk pemula.
3. Kepala Papan
Umumnya, desain kepala papan selancar berkisar dari ukuran runcing hingga bulat. Bagian depan pelat runcing lebih ringan dan lebih fleksibel. Bagian depan pelat kepala bundar memiliki area yang luas dan daya apung yang relatif besar. Oleh karena itu, papan pertama yang dibeli pemula sebaiknya menggunakan kepala papan bundar. Karena papan runcing lebih cocok dimiliki oleh peselancar yang sudah mahir.
4. Ketebalan Papan
Semakin tebal papan selancarnya, daya apung akan semakin tinggi dan semakin mudah untuk berdiri. Sisi negatifnya adalah pemula tidak akan siap meluncur saat ombaknya terlalu besar.
Air dingin di musim panas adalah musim terbaik untuk berselancar. Berikut merupakan tempat terbaik untuk berselancar.
1. Hawai. Tempat asal selancar. Anda akan berselancar di Hawaii sepanjang tahun, tetapi musim yang paling sederhana adalah musim panas. Berkat pengaruh angin muson, ombak yang bertiup dari Pasifik Utara di musim panas sering membuat ombak tinggi hingga 4 meter dan peselancar bisa meluncur cukup 800 meter. Setiap pulau memiliki banyak pantai selancar yang sangat bagus, jika Anda tertarik, cobalah untuk berselancar.
2. Gold Coast, Queensland, Australia. Berkendara 78 kilometer ke selatan Brisbane, ibu kota negara bagian Queensland bagian timur, Australia, terdapat sebuah resor yang membentang sejauh 42 kilometer dan terdiri dari puluhan pantai berpasir yang indah. ini sering menjadi Queensland Gold Coast yang terkenal. Surfers Paradise ditemukan di jantung Gold Coast. Selain itu, untuk berselancar juga terdapat kegiatan menarik lainnya seperti paralayang, berlayar dan jetski.
Aturan untuk berselancar.
1. Sebelum mengayuh, periksa dan pilihlah arah ombak yang cocok untuk Anda terlebih dahulu. Jika gelombang terlalu besar, lebih baik tidak berselancar dan menunggu gelombang berikutnya.
2. Pemula tidak di sarankan berselancar saat keramaian untuk mencegah kecelakaan dan kerugian bagi orang lain dan diri mereka sendiri.
3. Jangan selalu berselancar dalam gelombang ombak. Setiap orang harus bergantian turun ombak untuk mencegah tabrakkan akibat munculnya orang lain yang datang berselancar dari arah belakang.
4. Jangan jatuhkan papan ke ombak kecuali Anda dalam kondisi darurat dan berisiko cedera. Kehilangan papan selancar dapat merusak papan selancar atau menyebabkan resiko cedera pada orang lain.
Itulah semua hal-hal seputar berselancar, jika kalian ingin mencoba berselancar pastikan semua perlengkapan dan tips-tips di atas sudah diikuti untuk menjaga keselamatan bersama dalam berselancar.