Alat Musik Afrika
Orang Afrika melakukan berbagai upacara saat lahir, dewasa, pernikahan, persalinan, dan kematian.
Rangkaian upacara ini tentu saja tidak dapat dipisahkan dari musik dan tarian.
Di Afrika, semua objek dan sarana yang dapat memberikan suara, dalam lingkungan tertentu, dapat digunakan untuk membuat musik. Dari segi bentuk, alat musik Afrika sangat beragam dan sederhana, dan kebanyakan terbuat dari bahan baku yang dapat disediakan alam. Seperti balok kayu, tiang buluh, bulu kuda, kulit binatang, gading, tanduk binatang, selubung, labu, batok kelapa, tanah liat, dan bahan kayu yang ditiru oleh pengrajin lokal.
Meskipun bahan produksinya sederhana dan langsung diambil dari alam, Orang Afrika tidak mau polos dalam desain alat musik dan harus dibuat dan diproduksi dengan hati-hati. Di bawah ini adalah beberapa alat musik tradisional di Afrika.
1. Djembe
Djembe adalah alat musik membran penting di Afrika. Dikatakan bahwa itu ditemukan dan diproduksi oleh pandai besi masyarakat Manding di Afrika Barat (Guinea, Senegal, Pantai Gading, dll.). Bentuk tubuh drumnya berasal dari mortar yang digunakan oleh suku tradisional untuk menghancurkan biji-bijian. Bentuknya seperti Piala dan memiliki ujung terbuka di kedua ujungnya. Secara tradisional terbuat dari kayu pohon penghubung, yang sangat keras. Bungkus ujung besar dengan potongan kulit paling tebal di punggung kambing, kikis wolnya, dan kencangkan kulitnya melalui lingkaran dan tali. Pukul berbagai bagian kepala drum dengan telapak kedua tangan untuk mendapatkan kombinasi ritmis bass high-mid.
Drumer dapat duduk dengan nyaman selama pertunjukan, mencondongkan drum sedikit ke depan, memperlihatkan bel bawah beresonansi. Itu juga bisa digantung di bahu dengan tali, yang membuatnya mudah untuk menambahkan gerakan kinerja yang menyenangkan saat bermain drum. Djembe dapat membuat ritme yang stabil atau Solo yang mempesona, bermain dalam bentuk ansambel drum atau sebagai iringan lagu, dan merupakan instrumen ritme serbaguna.
2. Dun dun
Dun dun adalah instrumen drum penting dalam ansambel Drum Mandin Afrika Barat. Dun dun juga umumnya terbuat dari kayu penghubung.
Itu dibuat dengan memilih batang pohon dari tiga ukuran, besar, sedang, dan kecil, melubangi bagian tengah menjadi bentuk silinder, menutupi bukaan di kedua ujung bentuk silinder dengan kulit sapi tebal, dan mengencangkannya dengan tali untuk mempertahankan rambut di permukaan kulit sapi.
Grup Dundurm dibagi menjadi kenkeni, sangban, dan dununba, dan nama masing-masing drum sebenarnya adalah simulasi suara yang mereka buat saat bermain. Selama pertunjukan, drummer memukul kepala drum dengan tongkat drum dengan tangan kanannya dan memukul lonceng besi kecil (kenken) yang melekat pada drum dengan tangan kirinya dengan cincin logam. Kenkeni adalah drum treble, sangban adalah drum alto, dan dununba adalah bass drum. Saat bermain, ritme ketiga drum saling terkait erat satu sama lain.
3. Bara
Bara adalah instrumen drum tangan yang berasal dari Distrik Segou Mali. Diameter kepala drum sekitar 60 cm, dan terkadang lebih besar. Tubuh drum terbuat dari kayu, kepala drum terbuat dari kulit anak sapi, dan potongan kulit yang dipotong dari kulit sapi digunakan sebagai pengganti tali untuk mengencangkan kepala drum. Bara menggantung dari pinggang drummer saat bermain, atau bisa diletakkan di lantai. Ritme yang dihasilkan oleh drummer dengan memukul kepala drum dengan telapak tangannya. Bara umumnya hadir di semua festival atau perayaan di Afrika Barat, terutama di wilayah bundesland.
4. Tamani
Tamani adalah instrumen drum tradisional di Mali. Drum Tamani terbuat dari kayu, berbentuk jam pasir, dengan dua Kulit kambing direntangkan pada cincin besi di kedua ujungnya dan diikat dengan tali kulit elastis. Saat bermain, drummer memukul kepala drum dengan tongkat melengkung dan memegang drum di pinggang dengan lengan besarnya. Ketegangan tali kulit dipengaruhi oleh kekuatan penjepit di bawah ketiak, sehingga mengubah ketegangan kepala drum untuk mencapai perubahan timbre.
Instrumen kuno ini sangat akrab bagi semua kelas masyarakat di Afrika Barat, karena di masa lalu sering digunakan untuk menginformasikan pertemuan suku. Tasmania juga dikenal sebagai " talking drum " karena suara gesernya sangat mirip dengan pengucapan Beberapa Bahasa Afrika saat dimainkan.