Wisata Negeri Diatas Awan
Negeri di Atas Awan merupakan tempat wisata di area pegunungan yang menunjukkan hamparan awan bak negeri dongeng.
Tempat wisata alam memang dapat jadi destinasi favorit untuk relaksasi atau sekedar mengagumi keindahannya. Bagi banyak orang wisata alam yang unik adalah tempat yang mampu memberikan gambaran fantasi tapi ada di dunia nyata. Sensasi berada di negeri di atas awan adalah salah satu alasan banyak objek wisata alam dataran tinggi sangat populer didatangi. Di Indonesia, destinasi wisata yang menawarkan sensasi negeri di atas awan dapat ditemui di berbagai tempat. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa destinasi wisata yang menawarkan sensasi negeri di atas awan:
1. Kebun Buah Mangunan
Salah satu kumpulan wisata Negeri di Atas Awan selanjutnya adalah Kebun Buah Mangunan. Ini terletak di daerah Yogyakarta dan berada di Pegunungan Sewu yang menyajikan pemandangan alam yang hijau. Tak hanya perbukitan, bahkan di bawahnya tampak aliran sungai Oya yang seolah-olah membelah gunung-gunung di atasnya. Pada musim penghujan airnya akan berwarna cokelat, sementara pada musim kemarau air sungai tersebut akan berubah menjadi hijau tosca yang nampak seperti seekor ular hijau raksasa yang sedang melintas. Kebun Buah ini cocok dikunjungi saat dini hari atau waktu Subuh. anda bisa menikmati pemandangan sunrise ditemani berbagai jenis tanaman buah mangga, jambu air, sawo dan sebagainya.
2. Dataran Tinggi Lolai
Destinasi wisata negeri di atas awan yang pertama adalah Dataran Tinggi Lolai. Lokasi wisata alam ini terletak di Sulawesi Selatan tepatnya di Kampung Lolai. Kampung Lolai terletak di pegunungan yang memiliki ketinggian 1.300 Meter di atas permukaan laut. Di ketinggian ini, Anda sudah dapat merasakan udara dingin dan pemandangan yang dihiasi awan. Anda tidak lagi mampu melihat dataran di kaki gunung jika sudah di puncak karena sudah tertutup hamparan awan putih. Daya tarik lautan awan ini makin terlihat jika Anda datang ke sini pada pukul 05.00 dini hari. Cahaya sunrise yang terpantul awan membuat pemandangan menjadi menakjubkan. Cahaya orange dan semburat jingga akan memanjakan mata Anda. Untuk memaksimalkan wisata ke tempat ini sangat dianjurkan untuk menginap dengan cara membuat tenda di puncak gunung. Tapi bagi yang hanya ingin santai – santai, Anda bisa kunjungi Tongkrongan Lempe yang berupa tempat dengan teras di atas gunung. Di tempat ini Anda bisa duduk – duduk sambil menikmati segelas kopi Toraja.
3. Negeri di Atas Awan Gunung Luhur
Negeri di Atas Awan Gunung Luhur ini berada di sekitar Jakarta yang bisa ditempuh sekitar 3 jam perjalanan dari pusat kota.
Negeri di Atas Awan Gunung Luhur terletak di Desa Citorek Kidul, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak di dalam Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS). Kamu bisa menikmati pesona hamparan awan yang mirip samudera dari atas gunung. Selain itu, kamu juga bisa berburu foto di beberapa spot yang telah disediakan.
4. Bukit Banyon
Rekomendasi tempat berikutnya adalah Bukit Banyon. Bukit ini terletak di perbatasan Desa Widoro dan Karanganyar, Kecamatan Gandung Sari, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Jika Anda mau datang ke sini, Anda harus siap kendaraan pribadi. Mendaki dari bawah ke atas tidak ada kendaraan umumnya, jadi mau tak mau harus berjalan kaki jika Anda seorang backpacker. Tapi perjalanan ini akan memuaskan karena di puncak Bukit Banyon, Anda akan disambut oleh gulungan panorama awan yang tebal. Efek pesona bagaikan negeri di atas awan ini akan lebih jelas dinikmati pada pagi hari. Jika diperkirakan, efek gulungan awan ini berlangsung cukup lama, yaitu antara jam 05.00 sampai 08.00 pagi. Jika di tempat lain, awan sudah hilang saat suhu meningkat setelah sunrise, tapi disini udara dingin mempertahankan kabut dan awan untuk tetap tebal. Hal ini disebabkan karena posisi Bukit Banyon yang ada di ketinggian 1.175 Meter di atas permukaan laut.
5. Desa Wae Rebo
NTT juga memiliki pemandangan alam Negeri di Atas Awan yang memanjakan mata. Desa Wae Rebo menjadi salah satu tempat wisata yang diakui UNESCO sebagai konservasi warisan budaya Asia Pasifik. Lokasinya berada di pegunungan terpencil di Kampung Satar Lenda, Kecamatan Satar Mese Barat, Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Selain lokasinya di daerah perbukitan, Negeri di Atas Awan ini terkenal dengan rumah adatnya. Adat dan kebudayaan mereka telah membaur dengan kebiasaan penduduk Pulau Flores. Pengunjung harus menempuh waktu 3 jam dalam mendaki tempat wisata ini. Tentunya dengan jalan yang cukup curam dengan nuansa perbukitan yang setimpal indahnya
Nah itulah beberapa wisata negeri di atas awan yang ada di indonesia. Semoga bermanfaat!