Tips Merajut Pemula
Merajut (knitting) adalah teknik mengubah benang rajut menjadi kain, busana, popok, atau benda-benda bernilai pakai lainnya. Tidak ada yang mengetahui secara persis tentang perkembangan sejarah merajut.
Namun, ada beberapa penemuan yang dianggap berkaitan erat dengan sejarah merajut, yaitu sepasang kaos kaki berbahan katun dengan motif rajutan tangan dari tahun 1000 M di Mesir serta permadani rajut di kawasan Timur Tengah.
Aktivitas merajut kini tak lagi identik dengan kegiatan orang tua dan kesan ketinggalan zaman. Justru saat ini banyak generasi muda tertarik belajar merajut agar bisa memiliki keterampilan khusus untuk menghasilkan produk bermanfaat. Awalnya, belajar merajut memang terasa sulit. Namun, kamu akan cepat mahir bila cermat mengikuti tips merajut untuk pemula.
Belajar merajut tidak sesulit yang Anda bayangkan. Jika ingin cepat mahir saat mempelajari keterampilan tersebut, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini.
1. Tentukan Barang yang Ingin Dibuat
Merajut dapat membuat berbagai karya, seperti syal, scarf, topi, selimut, sapu tangan, dan sweater.
Bagi kalian yang pemula disarankan untuk mencoba membuat syal atau sapu tangan terlebih dahulu.Namun, tidak ada salahnya jika Moms ingin langsung mencoba membuat yang sulit seperti sweater.
Sebab, pada dasarnya membuat sweater atau sapu tangan menggunakan teknik merajut yang sama hanya berbeda ukuran dan waktu pengerjaanya saja.
2. Pilihlah Jarum yang Tepat
Jarum merupakan bahan utama merajut selain benang. Karenanya, kalian harus berhati-hati saat memilih jarum rajut.Mulai dari jenis, ukuran, hingga bahannya karena masing-masing memiliki kisaran harga yang berbeda.
Untuk jenisnya, tergantung pada apa yang akan kalian buat.Bisa berupa jarum tunggal, jarum ganda, atau jarum melingkar.Untuk ukuran jarumnya, semakin kecil ukurannya, semakin murah harganya.
Ukuran ideal bagi pemula untuk memulai rajutan pertama adalah ukuran 4.Kemudian, untuk bahannya, tersedia banyak jenis bahan, seperti bambu, baja, kaca, plastik, alumunium, dan lain-lain.
Untuk pemula, kalian bisa menggunakan bambu karena merupakan bahan yang paling tradisional dan tidak termasuk dalam kategori mahal.
3.Beli Benang Kualitas Biasa Saja
Selain jarum, alat yang paling mahal berikutnya adalah benangnya, karena Indonesia bukanlah salah satu negara penghasil benang rajutan.
Benang juga hadir dalam berbagai bahan dan kualitas juga.Tanpa diragukan lagi, tentu semakin mahal harganya, semakin baik kualitasnya.Namun, untuk kalian yang pemula tidak perlu menggunakan benang kualitas terbaik.
Poin utamanya bukanlah hasilnya, tapi proses pembuatan itu sendiri.Benang yang berkualitas dan mahal tidak akan menjanjikan kalian mendapatkan hasil yang terbaik.Beberapa orang sering salah paham soal harga dan kualitas.
Sebenarnya, banyak pengrajut biasanya memilih benang berdasarkan pada apa yang akan mereka buat terlebih dahulu daripada membingungkan tentang kualitasnya.
Selain itu, pilihlah benang berwarna cerah seperti kuning, putih, hijau muda, dan biru muda karena warna-warna tersebut mempermudah kalian mengidentifikasi lubang tusukan pada rajutan.
4.Meniru
Kalian pergi ke toko benang atau toko rajutan yang menyediakan pelajaran merajut dasar.Namun, kalian bisa mencari tutorialnya dan mempelajarinya sendiri di internet.
Pilihlah rajutan yang sesuai dengan hasil yang diinginkan.Ikuti dan tiru langkahnya agar memudahkan kalian membuat rajutan.
Tidak perlu takut gagal saat kalian belajar karena setiap pengrajut harus memiliki pengalaman itu agar lebih baik lagi.
Apalagi kalian bisa mengulang video tutorial di internet selama yang diinginkan.
5.Sabar dan Telaten
Kunci utama dalam belajar merajut adalah sabar dan telaten dalam melakukannya.Sebab, merajut juga bisa melatih kesabaran demi hasil akhir rajutan yang rapi.
Dalam merajut, konsentrasi juga diperlukan untuk menghasilkan karya yang rapi dan sesuai yang diinginkan.Rajutan juga memiliki pola dan hitungan tersendiri.
Jika tidak mengerjakannya dengan konsentrasi, hasil yang didapatkan pun tidak maksimal.Merajutlah dengan hati yang riang atau kalian juga bisa melampiaskan emosi dengan merajut.
Itulah beberapa tips merajut bagi pemula , semoga dapat diterapkan dan berhasil dalam melakukan rajutan pertama kalian.