Fakta Menarik Mercusuar
Mercusuar adalah bangunan tinggi di dekat pelabuhan atau pantai yang di puncaknya ada sumber cahaya.
Mercusuar ialah bangunan yang dirancang khusus untuk memancarkan cahaya dan berfungsi sebagai pemandu navigasi bagi kapal di laut. Tanpa mercusuar, kapal laut akan kesulitan berlayar di malam hari dan berisiko menabrak batu karang atau benda yang berbahaya. Berikut fakta menarik mengenai mercusuar:
Jeddah Light Jadi Mercusuar Tertingi Saat Ini 
Jeddah Light mempunyai tinggi sekitar 133 meter dan dibangun menggunakan beton dan baja.
Jeddah Light sendiri dibangun pada 1990 dan terletak di ujung dermaga luar dekat pintu masuk Pelabuhan Jeddah. Cahaya dari mercusuar Jeddah Light bisa menjangkau 46 kilometer dan memancarkan tiga kilatan putih setiap 20 detik.
Mercusuar terpendek di dunia berada di Kepulauan Hilbre di perbatasan Inggris dan Wales
Mercusuar di Pulau Hilbre tercatat sebagai mercusuar terpendek di dunia. Tingginya hanya 3 meter dan memiliki jangkauan cahaya hingga 5 mil laut atau sekitar 9,3 kilometer saja. Mercusuar ini dibangun pada tahun 1927 silam.
Selain itu, mercusuar Berry Head juga termasuk mercusuar terpendek di dunia. Terletak di ujung Berry Head dekat Brixham, Devon, Inggris, mercusuar ini memiliki tinggi 5 meter saja. Mercusuar ini dibangun pada tahun 1906 dan memiliki jangkauan cahaya hingga 19 mil laut (35 kilometer).
Mercusuar Modern Diakibatkan Perdagangan Transatlantik
Perdagangan transatlantik ini adalah meningkatnya sistem perdagangan di sekitar wilayah Samudra Atlantik pada abad ke-15 hingga ke-19.
Akibatnya, banyak mercusuar dibangun di pelabuhan yang bertujuan untuk menjaga kapal-kapal dagang agar tidak rusak sepanjang garis pantai. Selain itu, cahaya dari mercusuar juga sebagai penanda pintu masuk ke pelabuhan. Dari peningkatan perdagangan inilah, kita mengenal bentuk mercusuar modern setelah melalui beberapa perkembangan teknologi. Awalnya cahaya mercusuar dibuat dari api pembakaran kayu, batu bara, atau minyak ikan paus. Lalu, ditemukanlah lampu Argand (lampu minyak) pada 1870an oleh ahli kimia dari Swiss. Kemudian, reflektor (alat pemantul cahaya) cermin juga ditambahkan pada sumber cahaya di mercusuar pada 1700an hingga 1800an.
Mercusuar tertua berada di Alexandria, Mesir
Mercusuar pertama terletak di Alexandria, Mesir. Diperkirakan, mercusuar ini dibangun pada masa pemerintahan Ptolemy II Philadelphus, sekitar 280-247 sebelum Masehi (SM). Mercusuar ini disebut dengan julukan Pharos of Alexandria dan merupakan salah satu dari tujuh keajaiban dunia kuno.
Pernah rusak parah akibat dilanda gempa bumi antara 956 hingga 1323 Masehi dan menjadi reruntuhan yang ditinggalkan. Namun, sejak tahun 1978 sudah terlihat upaya untuk merekonstruksi mercusuar ini. Diperkirakan, tinggi bangunan ini sebelum hancur berkisar antara 103-118 meter.
Itulah beberapa fakta menarik mengenai bangunan mercusuar. Semoga bermanfaat!